Maagmu Sering Kambuh saat Puasa? Ini Dia Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Maag

tips puasa ramadhan bagi penderita maag - by muslimah center

muslimahcenter.comtips puasa ramadhan bagi penderita maag – Puasa Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh seluruh umat muslim. Namun bagi penderita maag puasa sedikit berat karena terdapat gejala naiknya asam lambung yang berakibat kambuhnya sakit maag. Bagi penderita sakit maag sebaiknya kamu tidak melewatkan waktu makan ketika berbuka maupun sahur agar gejala maag tidak kambuh ketika menjalankan ibadah puasa.

Jika kamu mempunyai riwayat sakit maag, sebaiknya tetap melakukan ibadah puasa dan jangan menjadikan kondisi ini sebagai penghalang bagi ibadahmu. Karena berpuasa ternyata mempunyai beberapa manfaat untuk penderita maag seperti menurunkan sekresi asam lambung, meminimalisir adanya gerakan yang berakibat luka pada organ pencernaan. Berikut Muslimah Center akan memberikan tips-tips puasa ramadhan bagi penderita maag yang membuat ibadah puasamu tetap lancar dan nyaman.

Bacaan Lainnya

1. Konsumsilah Makanan yang Lambat Dicerna Ketika Sahur

1 tips puasa ramadhan bagi penderita maag- by muslimah center

Agar lambung tidak kosong dan tetap terisi pada saat puasa, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih makanan-makanan yang memerlukan waktu lama untuk dicerna. Tak perlu banyak, yang penting bertahap. Hal ini penting untuk menghindari peregangan dinding lambung dan menghindari kinerja lambung yang terlalu diforsir.

 Contoh dari makanan yang lambat dicerna adalah pisang yang kaya akan potasium dan karbohidrat magnesium, kacang almon yang kaya protein dan serat, serta kurma yang juga mengandung serat, potasium dan juga magnesium.

2. Minum Lebih dari 8 Gelas Perhari

Untuk penderita maag, mengonsumsi 8 gelas air perhari tidaklah cukup. Untuk meminimalisir gejala maag dan ulkus peptik, bagi penderita maag sebaiknya menambahkan minum susu atau jus buah segar tetapi jangan yang terasa asam ya. Kamu bisa membuat jus dari buah pisang yang kaya akan kalium ketika sahur.

3. Awali Waktu Berbuka, Akhiri Waktu Sahur

Pola makan penderita maag juga sangat penting diperhatikan bagi penderita sakit maag. Sangat dianjurkan untuk mengakhiri waktu makan sahur, yaitu menjelang imsak. Sedangkan untuk berbuka puasa, usahakan untuk langsung membatalkan puasa sesaat setelah bedug. Dengan mengakhiri waktu makan sahur, kamu bisa memperpendek atau mempersingkat waktu berpuasa yang tentunya penting dan berpengaruh untuk para penderita sakit maag, terlebih lagi sakit maag kronis.

4. Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Maag: Hindari Makanan Pedas

4 makanan saat puasa ramadhan - by muslimah center

Makanan pedas adalah pantangan bagi penderita maag. Sebaiknya sebisa mungkin hindari makanan pedas dan tajam yang dapat merusak dinding lambung seperti cabai, merica, cuka, dan penyedap rasa. Ketika sahur berbukalah dengan makanan yang manis ataupun gurih, dengan bumbu-bumbu alami. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan menu makanan sehari-hari yang boleh kamu makan.

5. Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Maag: Hindari Terlalu Stress

Stress adalah salah satu faktor yang dapat memicu meningkatnya produksi asam lambung. Stress pada saat sedang berpuasa akan memperparah kondisi lambung yang tengah kosong dan akan memicu kambuhnya gejala maag. Untuk mengatasinya, sebaiknya hindari melakukan banyak pekerjaan dan memikirkan hal-hal yang berat. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup setelah melakukan aktivitas di kantor maupun di rumah. Kamu juga harus mengatur menu yang yang dikonsumsi ketika berbuka. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika berbuka puasa adalah tidak makan secara berlebihan, menghindari kafein, makanan pedas dan cobalah untuk lebih memilih meminum air hangat ketika berbuka.

6. Jangan Langsung Tidur Selepas Sahur

6 tips saat puasa - by muslimah center

Istirahat adalah salah satu cara menghindari stress dan menjaga tubuh tetap fit dan segar. Namun, hindari tidur setelah makan, terutama selepas sahur. Tidur setelah makan adalah salah satu pemicu meningkatnya produksi asam lambung yang tidak baik bagi penderita maag. Berilah jeda sekitar satu jam jika kamu ingin beristirahat kembali. Kamu dapat menunggu datangnya adzan subuh untuk melaksanakan sholat, membaca buku maupun membersihkan rumah di pagi hari.

7. Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Maag: Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Tips puasa Ramadhan bagi penderita maag selanjutnya yaitu hindari makanan yang berlemak tinggi. Penderita sakit maag harus sangat memperhatikan kandungan makanan yang dicernanya agar tidak memperlambat kerja lambung. Makanan berlemak tinggi seperti keju, gorengan, kue kering dan juga cokelat bisa memperlambat aktivitas pengosongan lambung yang akhirnya bisa meningkatkan produksi asam lambung. Agar asam lambung kamu tidak kambuh ketika menjalankan ibadah puasa, usahakan untuk menghindari jenis makanan tersebut selama sebulan ini agar tetap bisa berpuasa dengan lancar.

8. Jangan Konsumsi Sayuran yang Mengandung Gas

8 menu makanan saat puasa - by muslimah center

Sayuran memang mempunyai kandungan vitamin yang penting untuk tubuh. Namun, untuk penderita sakit maag, terlebih lagi yang menderita maag kronis, kandungan sayuran yang dikonsumsi juga harus diperhatikan. Hindari sayuran yang memiliki kandungan gas tinggi seperti sawi dan kol yang bisa meningkatkan asam lambung, terasa kembung dan membuat sakit maag kambuh. Selain sawi dan kol, buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon juga usahakan untuk dihindari. Kamu bisa menggunakan buah pisang jenis lain untuk dikonsumsi, misalnya pisang raja, pisang mas, dan pisang tanduk.

9. Makan Sahur dengan Makanan Berserat dan Mengandung Karbohidrat

Sebaiknya atur menu sahurmu dengan makanan yang mengandung serat dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum utuh merupakan beberapa contoh makanan dengan kandungan serta yang tinggi yang bagus dikonsumsi untuk makan sahur. Selain itu, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma, baik saat makan sahur dan waktu berbuka. Manfaat Kurma dipercaya bisa mempertahankan rasa kenyangr lebih lama, oleh karena itu sangat baik untuk para penderita sakit maag yang ingin berpuasa sebulan penuh tanpa terganggu dengan sakit maag yang kambuh.

10. Minumlah Obat Maag Setelah Makan Sahur

tips puasa ramadhan bagi penderita maag - by muslimah center

Bagi penderita sakit maag kronis, untuk menghindari kambuhnya sakit maag saat berpuasa, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat maag setelah makan sahur. Pastikan juga kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter terpercaya untuk memastikan obat maag tercocok yang bisa kamu konsumsi selama berpuasa.

Nah, itulah tips-tips puasa Ramadhan bagi penderita maag yang dapat kamu terapkan agar ibadah puasa tetap lancar tanpa khawatir sakit maagmu akan kambuh. Tetap jaga kesehatan dan atur pola makanmu saat melaksanakan ibadah puasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.