10 Tips Menjadi Muslimah Produktif di Masa Muda

  • Whatsapp
new_tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center

muslimahcenter.commuslimah produktif – Menjadi produktif amatlah suatu keharusan yang dapat dilakukan setiap orang. Makna dari produktif itu sendiri ialah menghasilkan atau membuat sesuatu yang lebih bermanfaat. Seorang muslimah juga dapat berperan produktif dimanapun ia berada. Seorang muslimah dapat menjadi lebih produktif dan menjadi yang terbaik dalam menjalankan perannya.

Adanya masa karantina akibat antisipasi adanya covid-19 ini membuat banyak aktivitas yang hendak atau terbiasa dilakukan jadi terhambat. Lalu bagaimana cara menjadi muslimah produktif saat ini. Muslimah produktif adalah wanita yang menggunakan semua sumber daya di sekelilingnya ataupun dalam pikirannya untuk menjalani hidupnya lebih bermutu atau berkualitas. Ada pernyataan yang mendalam yang disampaikan oleh Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah yang mengatakan: “Wanita adalah setengah dari masyarakat yang melahirkan setengah lainnya sehingga seolah-olah mereka adalah seluruh masyarakat.”

Bacaan Lainnya

Di artikel kali ini, Muslimah Center akan mengulas tentang tips-tips menjadi muslimah yang produktif yang jika dijalani dengan baik dan pasti, Anda insya Allah akan meraih banyak hal baik dalam hidup ini.

1. Miliki Niat yang Lurus

Segala hal pasti dimulai dengan niat. Pegang erat-erat kunci utama dalam menjalani hidup yang produktif yaitu “Niat yang Lurus dan Kerja Keras”. Ini adalah motto hidup seorang Muslimah yang produktif. Baik menjalani peran sebagai wanita karir, seorang ibu, maupun seorang istri, niat yang lurus dan tulus akan membawa kita pada Ridho Allah dan pahala yang besar dari-Nya bahkan sebelum kita memulainya.

Niat adalah kunci dari semua hal yang akan dilakukan. Indikator kesuksesan seorang muslim adalah ridha Allah. Untuk itu, niat melakukan seluruh pekerjaan untuk beribadah kepada Allah adalah inti dari produktivitas itu sendiri.

2. Jadilah Proaktif

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 2

Menjadi muslimah yang proaktif artinya adalah menjadi muslimah yang selalu memiliki inisiatif untuk melakukan kebaikan dan menjadi lebih baik. Ia tidak mudah terbawa arus pergaulan sekitar, justru ia membawa energi positif yang bisa ditularkan.

Menjadi proaktif tidak harus membuatmu menjadi muslimah yang sibuk. Namun kita perlu memfokuskan energi yang kita miliki pada bidang yang bisa memberikan banyak manfaat pada seluruh tujuan kehidupan kita insya Allah. Contohnya adalah dengan mengikuti kegiatan yang dapat mengembangkan potensi Anda dan bermanfaat bagi orang di sekitar Anda.

3. Tak Lelah Menimba Ilmu

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 3

Pepatah yang mengatakan bahwa “Mendidik seorang pria, berarti mendidik saru orang. Namun jika engkau mendidik seorang wanita, engkau sedang mendidik sebuah peradaban” memberikan arti betapa pentingnya mencari ilmu bagi seorang muslimah.

Ilmu di zaman sekarang tak terbatas. Tak hanya belajar melalui literatur atau bacaan, belajar bisa menggunakan berbagai media elektronik seperti e-book, video, aplikasi, dan lain sebagainya yang dapat Anda akses dari rumah bahkan pada masa karantina ini.

4. Atur Waktu Agar Efektif

Salah satu rahasia menjadi seorang muslimah yang produktif adalah dengan tidak membuang-buang waktu. Apalagi untuk hal yang tidak bermanfaat. Salah satu hal pertama yang muslimah produktif harus lakukan adalah merencanakan waktunya secara efektif. Ini termasuk penjadwalan waktu untuk belajar, bekerja, beribadah dan menghabiskan waktu dengan keluarga dan jika Anda memiliki anak-anak, tetapkan waktu bagi mereka dan diri Anda sendiri sehingga Anda tidak kebingungan. Pilih dengan bijak bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

Salah satu perkataan yang mendalam tentang kegunaan memanfaatkan waktu dengan baik adalah perkataan salah seorang ulama besar, Ibnu Qayyim Al-Jawziyyah yang menyatakan: “Jika Allah menginginkan kebaikan untuk hamba-Nya, Dia menolongnya dengan waktu dan membuat waktunya sebagai penolong baginya.”

5. Refleksikan Diri Anda

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 5

Karena menjadi muslimah proaktif terkadang sulit menilai seberapa efektif Anda menggunakan waktu dan mampu memenuhi semua peran Anda. Jadi, sebaiknya Anda meluangkan waktu juga untuk merefleksikan diri, misalnya pada penghujung hari Anda bisa menjurnal apa yang berjalan dengan baik di hari Anda dan juga bersikap kritis terhadap bagaimana Anda bisa menggunakan waktu Anda dengan lebih baik untuk hari berikutnya. Hanya dengan terus-menerus merefleksi diri dan memperbaiki diri, kita dapat tumbuh, berkembang dan menjadi lebih produktif lagi.

6. Fokus Pada Kualitas Bukan Kuantitas

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim meneranglan bahwa betapa Allah mencintai seorang Muslim yang bersungguh-sungguh dalam amal atau pekerjaannya dan memprioritaskan kualitasnya.

Sebagai muslimah proaktif yang memiliki banyak sekali kegiatan, ingatlah untuk selalu mengedepankan kualitas daripada kuantitas. Menjadi ahli dalam satu bidang seperti menulis atau menjadi ibu rumah tangga yang profesional lebih baik daripada menjadi rata-rata dalam semua bidang. Muslimah yang produktif selalu ingin menguasai bidang yang digelutinya dengan baik, daripada merasa cukup/puas dengan keahlian yang biasa-biasa saja. Jadi, terus berusahalah dan berinovasi melakukan segala hal yang terbaik.

7. Memanfaatkan Teknologi

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 7

Hidup di era digital yang penuh dengan banyak sekali informasi dan berbagai kemudahan yang ditawarkan teknologi, kita dikelilingi oleh berbagai sarana yang memudahkan kita mengatur jadwal kita untuk menjadi lebih produktif. Manfaatkan kecanggihan aplikasi-aplikasi tersebut secara optimal dan rajinlah untuk mencari ilmu baru melalui internet seperti e-book, video yang bermanfaat, online course, webinar, dan lain sebagainya.

8. Berusaha Memberi Manfaat untuk Orang Lain

Rasulullah pernah berkata dalam hadits riwayat Bukhari:

“Yang terbaik di antara kalian adalah mereka yang bermanfaat bagi umat.”

Dari hadits tersebut, kita dapat meneladaninya dengan melakukan kegiatan-kegiatan dan berupaya agar bermanfaat bagi orang lain. Banyak muslimah produktif di sepanjang sejarah yang telah berhasil meraih prestasi gemilang dan menginspirasi banyak orang. Karena itulah sebaiknya Anda berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. “Apakah tindakan yang saya lakukan bermanfaat bagi orang lain?”. Hal ini akan membantu Anda mengatur inisiatif untuk berperan memberikan kebaikan yang bermanfaat pada apapun profesi dan peran Anda.

9. Do the Best!

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 9

Ya, do the best! atau lakukan yang terbaik pada kehidupan Anda. Banyak muslimah produktif yang menunjukkan bahwa mereka bekerja keras untuk menjadi yang terbaik dalam peran mereka. Contohnya pada zaman Rasulullah, Khadijah yang merupakan seorang wanita pebisnis berusaha menjadi sukses. Sebagai muslimah, entah peran Anda sebagai ibu atau istri, Anda juga dapat mendukung suami Anda melakukan tugasnya, karena tindakan kecil saja dapat memiliki pengaruh yang besar. Selalu berikan yang terbaik pada peran dan tugas yang sedang Anda laksanakan.

10. Serahkan Semua pada Allah

tips menjadi muslimah produktif - Muslimah Center 10

Tips menjadi muslimah produktif yang terakhir dan yang paling penting setelah berusaha keras menjadi muslimah yang produktif adalah menyerahkan semua urusan pada Allah. Bertawakkal, berusaha dan bersungguh-sungguh. Berdo’alah agar Allah melancarkan apa yang tengah Anda upayakan. Fokus pada produktivitas spiritual adalah bahan rahasia untuk menjadi sukses. Sebagai seorang muslimah, Anda harus bekerja keras, memberikan kontribusi kepada masyarakat dan merencanakan waktu Anda secara efektif dengan doa, kemudian menempatkan kepercayaan Anda pada Allah dengan selalu memohon kepada-Nya untuk menolong Anda mencapai keberhasilan tertinggi dalam kehidupan ini dan kehidupan akhirat nantinya.

Itulah tips-tips untuk menjadi muslimah yang produktif. Selalu lakukan yang terbaik dan bermanfaat bagi Anda dan banyak orang. Meskipun tak mudah menjadi seorang muslimah produktif karena selalu ada kendala dan halangan dalam mencapainya, jangan menyerah dan tetap bertawakkal pada Allah SWT. Selamat mencoba, sahabat muslimah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *