Tetap Jaga Kesehatanmu dengan 6 Tips Menghindari Dehidrasi Saat Puasa

tips menghindari dehidrasi saat puasa - muslimah center

muslimahcenter.comtips menghindari dehidrasi saat puasa – Karena 60% dari tubuh manusia adalah air, Anda harus menyiasati saat berpuasa agar tidak merasa dehidrasi akibat tidak minum selama kurang lebih 12 jam. Fungsi air dalam tubuh manusia sangat penting. Di antaranya untuk menjaga suhu tubuh, memperlancar pencernaan, zat pembawa nutrisi dan oksigen lewat peredaran darah, membantu sistem metabolisme tubuh, memelihara kelembapan kulit, dan sebagai pelumas sendi.

Jika Anda kekurangan minum cairan selama berpuasa, gejala dehidrasi akan muncul pada tubuh Anda. Gejala-gejala tersebut yaitu tubuh terasa lemas, mata tampak cekung, kulit kering, produksi keringat menurun, demam, kehilangan kesadaran. Dehidrasi yang parah dan terlalu lama bahkan akan mengakibatkan komplikasi-komplikasi serius seperti tekanan darah rendah, kejang akibat ketidakseimbangan elektrolit, infeksi saluran kencing, hingga munculnya batu ginjal. Wih, ngeri ya. Karena itu sahabat muslimah harus banyak-banyak minum air putih ya untuk mencegah dehidrasi saat puasa.

Bacaan Lainnya

Bagaimana sih cara menghindari dehidrasi saat puasa? Yuk, simak tips menghindari dehidrasi saat puasa berikut ini!

1. Tips Menghindari Dehidrasi Saat Puasa dengan Rutin Minum 8 Gelas Air Perhari

1 tips puasa - muslimah center

Setiap orang disarankan untuk meminum air putih sebanyak 2,5 liter perhari atau setara dengan 8 gelas air mineral per hari. Hal ini tentunya berpengaruh saat puasa karena kita tidak dapat minum air putih pada siang hari.

Untuk menghindari dehidrasi saat puasa, Anda bisa menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur. Terapkan minum seperti ini ya agar tubuh Anda tetap fresh, dan terhindar dari dehidrasi.

2. Hindari Terlalu Banyak Makan Makanan Asin

2 cara agar fit saat puasa - muslimah center

Cepat merasa haus di pagi hari padahal baru beberapa jam berpuasa? Bisa jadi menu sahur Anda alasannya. Makanan asin atau makanan yang mengandung banyak garam dapat membuat Anda haus bahkan kekurangan cairan. Sebab, garam sangat berpengaruh terhadap kadar cairan dalam tubuh.

Terlalu banyak garam yang masuk ke dalam tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan cairan tersebut dan akhirnya membuat Anda cepat haus. Imbangi dengan buah buahan dan sayur sayuran agar kadar mineral yang dibutuhkan tubuh lebih seimbang.

3. Tips Menghindari Dehidrasi Saat Puasa dengan Konsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

3 tips puasa agar tidak haus - by muslimah center

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20% kebutuhan cairan bisa Anda dapatkan dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga Anda bisa kenyang sekaligus kebutuhan cairan Anda terpenuhi. Anda dapat mengandalkan buah dan sayuran untuk hal ini. Pilih buah-buahan yang mengandung banyak cairan untuk pelengkap berbuka dan sahur, seperti semangka, melon, blewah, dan jeruk manis. Jadi, penuhi menu sahur dan buka puasa Anda dengan sayur dan buah-buahan, ya.

4. Tips Menghindari Dehidrasi Saat Puasa dengan Membatasi Kegiatan di Luar Ruangan

Selain lewat urine, cairan tubuh juga hilang melalui keringat. Saat berpuasa, ada baiknya menghindari aktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk mencegah hilangnya cairan berlebih melalui keringat. Jika Anda ingin berolahraga, lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka yaitu sekitar jam 4 hingga 5 sore.

5. Perhatikan Obat-obatan yang Anda Konsumsi

5 konsumsi vitamin saat buka puasa - by muslimah center

Bagi sebagian orang, obat-obatan dan suplemen vitamin sangat penting dikonsumsi saat puasa agar dapat menjaga tubuh tetap fit. Namun, ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat Anda menjadi sering buang air kecil sehingga cairan selalu keluar dari tubuh Anda. Jadi, bagi Anda yang mengonsumsi obat-obatan atau suatu suplemen vitamin, pastikan obat tersebut tak memberikan efek samping dehidrasi dan membuat tubuh kekurangan cairan. Sebaiknya konsultasikan juga hal ini pada dokter Anda.

6. Hindari Minuman Berkafein

6 tips puasa agar tetap bugar - by muslimah center

Tips menghindari dehidrasi saat puasa yang terakhir yaitu hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, atau coklat. Minuman mengandung kafein bersifat diuretik, yaitu membuat Anda sering buang air kecil. Saat puasa, efek diuretik ini tidak dapat diseimbangkan dengan asupan cairan yang cukup sehingga berpotensi menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kafein dalam teh dan kopi bisa membuat Anda sulit tidur yang tentunya akan berdampak pada tubuh di siang hari tampak kurang bersemangat.

Itu dia tips menghindari dehidrasi saat puasa yang dapat Anda terapkan dengan mudah setiap hari selama berpuasa. Semoga tips-tips ini dapat membuat Anda lebih fit dan lebih bersemangat lagi untuk menjalankan ibadah puasa sunnah maupun puasa Ramadhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.