15 Tips Foto OOTD Ala Profesional untuk Instagram Bermodalkan Kamera HP

  • Whatsapp
tips foto ootd hijab - muslimah center

muslimahcenter.com Tips Foto OOTD – Siapa yang tidak mau hasil fotonya bagus? Tentu saja semua orang menginginkan hasil fotonya terlihat sempurna, apalagi saat sedang berfoto OOTD. OOTD atau outfit of the day saat ini sudah kerap sekali kita temui di sosial media, baik itu Instagram, Facebook, Path, Twitter, dan sebagainya.

Sebuah foto OOTD secara umum dinilai baik jika meliputi kriteria ini: hasil foto jelas, pencahayaan bagus, dan pakaian yang dikenakan terlihat menarik. Mungkin kamu akan berpikiran bahwa foto OOTD yang profesional harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless. Namun jika terbatas menggunakan kamera HP, kamu bisa mengakalinya untuk terlihat profesional dan bagus. Karena saat ini teknologi aplikasi pada HP atau smartphone sudah semakin canggih asal menggunakan trik yang tepat saat memotret.

Bacaan Lainnya

Bagaimana sih tips dan trik foto OOTD yang bagus dan terlihat profesional? Kali ini Muslimah Center akan memberi beberapa tips foto OOTD hijab dengan kamera smartphone agar kamu bisa menerapkan skill terbaikmu saat memotret.

1. Tips Foto OOTD: Pelajari Komposisi Foto

1 teknik foto ootd hijab - muslimah center

Komposisi adalah teknik penempatan point of view dari sebuah foto. Dalam hal ini, komposisi sangat bepengaruh pada hasil akhir dari foto tersebut. Sebagus apapun kameramu, kalau teknik pengambilan foto tidak melibatkan komposisi, maka dapat berpengaruh terhadap kualitas estetik yang ditimbulkan.

Ada banyak teknik penempatan komposisi. Salah satu yang cukup dikenal adalah third-zone. Teknik ini menempatkan posisi poin menarik dari sebuah foto pada titik-titik yang disusun dari grid third-zone. Jika komposisinya pas dan tepat pada garis-garis tersebut, foto kamu akan terlihat lebih elegan dan sempurna.

2. Pastikan Cahaya Penerangan Sudah Pas untuk Foto

2 tips foto ootd dengan hp - muslimah center

Cahaya adalah hal yang penting dalam foto OOTD. Minimnya cahaya akan memaksa kamera untuk membuat kamu harus memaksimalkan ISO yang sedang digunakan. Imbasnya, foto akan terlihat berbintik dan buram atau memiliki noise. Jadi, usahakan lokasi pengambilan foto tersedia cahaya yang cukup. Coba nyalakan lampu jika ada atau buka jendela agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.

Untuk foto outdoor atau di luar ruangan, cahaya sedang bagus-bagusnya yaitu ketika pagi setelah matahari agak naik, atau sore hari ketika matahari mulai turun. Ambil gambar dengan cara menghadap arah datangnya cahaya. Dengan demikian, kamera smartphonemu akan lebih maksimal dalam mengambil gambar.

3. Pilih Background Simple dan Tidak Sewarna dengan Busanamu

3 pose foto instagramable - muslimah center

Tujuan utama foto OOTD ialah fokus menampilkan busana yang modis dan trendy. Oleh karenanya, kamu tidak perlu menggunakan background atau pemandangan yang terlalu ramai. Background yang terlalu ramai akan membuat orang yang melihat sulit untuk fokus ke busana yang sedang kamu kenakan. Kamu harus lebih jeli dalam menentukan background foto agar tidak mengganggu fokus objek. Pertimbangkan juga apakah background foto harus blur, berupa bokeh, atau diperjelas karena teksturnya. Karena background juga salah satu komposisi yang berperan penting dalam estetika foto profesional.

4. Ambil Banyak Gambar Hingga Menemukan yang Terbaik

4 virtual photoshoot hijab - muslimah center

Supaya mendapatkan foto bagus dan terbaik, kamu harus memotret berkali-kali. Persiapkan dulu pose apa yang hendak kamu buat, detail baju mana yang hendak kamu perlihatkan. Nah, setelah itu berposelah menggunakan banyak gaya agar tampil menarik di depan kamera. Usai mengambil gambar, review dulu hasil foto, jika belum menemukan foto terbaik ulangilah kembali. Untuk mendapatkan foto terbaik memang dibutuhkan usaha lebih ya, sahabat muslimah.

5. Tips Foto OOTD: Usahakan HP Selalu Stabil atau Gunakan Stabilizer HP

5 teknik foto dengan kamera hp - muslimah center

Jika menggunakan kamera DSLR pastinya sudah memiliki fitur IS (Image Stabilizer) atau VR (Vibration Reduction). Kedua fitur tersebut berguna untuk meminimalisir getaran atau guncangan saat pengambilan foto agar foto tidak kabur atau terguncang. Sedangkan untuk kamera HP, usahakan kamu memotret dengan memegang HP sestabil mungkin. Jangan memegang HP terlalu jauh dari posisi tubuh, tapi dekatkan sedikit ke dada agar tangan ada topangan atau penyangga.

Jika situasi tidak memungkinkan, misalkan kamu harus memotret foto OOTD dalam jangka waktu lama, gunakan stabilizer atau tripod agar foto tetap bagus, seimbang dan tidak berguncang atau miring saat mengambil gambar.

6. Pahami Komposisi Wajahmu, Cari Angle Bagus untuk Terlihat Menarik

6 cara edit foto bagus - muslimah center

Sebelum berfoto, pastikan kamu tahu komposisi wajah saat difoto. Tak ada salahnya untuk melakukan selfie dulu sebelum difoto OOTD. Hal ini berguna untuk menemukan angel yang bagus agar wajahmu terlihat menarik. Saat kamu menemukan beberapa angle yang bagus untuk terlihat menarik, kamu bisa terlihat fotogenic saat sedang difoto.

7. Hindari Menggunakan Sunscreen pada Wajah Saat Foto Menggunakan Flash

7 tips fotografi - muslimah center

Tahukah kamu, bahwa pemakaian sunscreen atau sunblock dapat menghasilkan efek whitecast pada foto? Pada kenyataannya, memang sunscreen mengandung bahan pemantul cahaya. Akibatnya, jika kamu berfoto menggunakan lampu flash, hasilnya malah jadi whitecast . Whitecast adalah munculnya semacam bercak putih di wajah pada hasil foto. Padahal jika dilihat langsung ke kulit, tidak ada sama sekali.

Selain itu, penggunaan flash yang tidak tepat terkadang malah bisa merusak hasil foto karena terbentuknya bayangan atau kecerahan foto yang tidak merata. Sebaiknya kamu bereksperimen dulu dengan membandingkan foto menggunakan flash dan tanpa menggunakannya agar menemukan hasil yang terbaik.

8. Pusatkan Fokus Foto Pada Detail Busana yang Ingin Ditampilkan

8 fashion photoshoot tips - muslimah center

Jika pada busanamu terdapat aksen yang menarik, coba jadikan bagian tersebut menjadi detail foto kamu. Aksen menarik itu bisa berupa motif, bordir, pita, brokat, dan lain sebagainya.  Jangan ragu untuk memusatkan perhatian fotomu ke bagian-bagian itu. Detail kecil dari sebuah busana akan sangat berpengaruh, lho. Selain foto full badan, pemotretan pada detail busana juga akan terlihat menarik dan professional.

Aktifkan fitur fokus pada kamera smartphonemu. Sebagian merek hp menamai fitur ini dengan fitur ‘potret’, yang mempunyai autofocus ke objek terdekat dan membuat background terlihat blur. Biasanya foto OOTD menggunakan detail busana bisa berupa gaun pengantin ataupun gaun-gaun untuk pesta yang luar biasa indah.

9. Ajak Teman yang Selera Fotografinya Bagus untuk Berfoto Bersama

Tak ada salahnya untuk mengajak teman yang suka foto atau memiliki selera fotografi yang bagus untuk berfoto bersama. Coba kenakan busana dengan warna senada atau serasi dengan temanmu. Selain menampilkan kebersamaan, foto dengan teman akrab bisa menyatukan ide untuk berfoto. Kamu juga bisa bergantian memotret dengan teman, atau menggunakan tripod dan bluetooth shutter remote camera untuk berfoto bersama dengan temanmu.

10. Tips Foto OOTD: Cobalah Memotret dengan Angle yang Tidak Biasa

10 trik foto ootd kekinian - muslimah center

Tak hanya memfokuskan angle foto pada eye level saja, sesekali gunakan angle yang berbeda agar foto OOTD-mu tampak lebih menarik. Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih kreatif, ubah sudut angle dengan memotret dari ketinggian atau dengan meninggikan kamera (bird eye) atau menurunkan kamera serendah-rendahnya (ant eye). Untuk bird eye, dapat kamu terapkan misalnya ketika menampilkan sunglasses yang sedang kamu kenakan di atas kepala, sedangkan sudut ant eye bisa kamu kenakan saat sedang menampilkan sepatu atau ketika ingin terlihat lebih tinggi.

11. Tips Foto OOTD: Bersihkan Lensa Kamera Sebelum Memotret

Ingatlah untuk membersihkan lensa kamera terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan. Meski sudah melakukan pengaturan yang benar, pengambilan komposisi yang baik, tetapi hasil foto tidak akan bagus jika ada kotoran yang menempel di kaca kamera HP kamu. Debu atau kotoran pada lensa kamera akan membuat aksen yang tidak diinginkan pada fotomu.

12. Mendekatlah ke Objek, Jangan Gunakan Digital Zoom

12 tips photoshoot keren - muslimah center

Berbeda dengan optical zoom yang akan memungkinkan foto diperbesar menggunakan mekanisme optic pada lensa kamera profesional, kamera HP mempunyai digital zoom yang saat digunakan untuk memperbesar objek, hasil foto akan buram dan pecah.

Hindari menggunakan digital zoom ya, sahabat muslimah. Sebaiknya kamu mendekat ketika mengambil gambar objek yang lebih dekat.

13. Tips Foto OOTD: Gunakan HDR pada Kondisi Tertentu

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, kalau diartikan secara sederhana artinya ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap.

Jika mode HDR diaktifkan, maka perbedaan gelap terang foto bisa diminimalisir sehingga hasilnya akan lebih detail. Mode ini juga biasa digunakan saat pemotretan OOTD ketika sunset atau sunrise. Manfaat menggunakan mode HDR ini, foto yang kamu potret jadi lebih ‘terang’ secara bagus, meminimalkan adanya bayangan atau gelap berlebihan pada foto, dan menjadikan foto lebih estetik dan profesional meskipun hanya memakai kamera HP.

14. Tambahkan Efek Filter yang Wajar, Jangan Berlebihan

14 hijabers ootd - muslimah center

Tips foto OOTD yang terakhir, kamu bisa menambahkan efek filter pada fotomu. Efek filter mampu memberikan kesan menarik dan menghilangkan kesan ‘biasa’ dari setiap foto yang kamu potret Filter bisa didapatkan dari berbagai aplikasi edit foto seperti Snapseed, VSCO hingga filter yang

dimiliki aplikasi media sosial seperti Instagram. Untuk terlihat profesional, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi Adobe Lightroom.

Jangan memberikan efek filter yang terlalu berlebihan, editlah foto hanya untuk memperkuat kesan foto seperti menjadi vintage atau bernuansa kamera film, bukan untuk menghiasnya. Cukup gunakan kontras, cropping dan menambahkan mood untuk membantu foto tampak lebih menarik. Dan jangan lupa efek filternya jangan sampai menghilangkan warna asli pada busana kamu atau pemandangan yang sedang dipotret, ya.

15. Pertimbangkan Kecocokan Objek, Warna, Bentuk dan Garis

Untuk mempermudah mendapatkan foto bagus dan terbaik, sebelum memotret pikirkan kembali apakah objek, background, dan benda-benda lain dalam satu frame foto tersebut sudah tampak cocok atau belum? Jika belum, cari cara agar tampilan fotomu lebih baik lagi. Kamu bisa menggeser, atau menghilangkan objek yang mengganggu estetika foto. Alternatif lainnya, ubah sudut pandangmu saat memotret hingga ketidaksempurnaan foto tersebut tidak terlihat.

Bagaimana tips foto OOTD di atas? Menarik bukan? Coba dan coba lagi memotret dengan menggunakan kamera HP. Maksimalkan fitur-fiturnya untuk mendapatkan foto terbaik. Selamat berkreasi menciptakan foto yang sempurna untuk OOTD, jadikan smartphonemu sebagai senjata handal untuk memotret yang hasilnya tak kalah dengan kamera profesional, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *