Ingin Menikah di Waktu Dekat? Yuk Pahami Persyaratan untuk Menikah Tahun 2021 Ini

  • Whatsapp
persyaratan untuk mengurus pernikahan - by Muslimah Center

muslimahcenter.compersyaratan untuk menikah – Menikah ialah ibadah yang dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Karena dengan menikah, seseorang akan belajar dalam membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Teman-teman yang berusia produktif pasti sudah merencanakan pernikahan jauh-jauh hari. Sudah ada calon, sudah punya referensi menggunakan wedding organizer, tapi yang satu ini jangan sampai ketinggalan: mengurus berkas-berkas di Kantor KUA.

Jadi, sebelum membina rumah tangga bersama, tentunya teman-teman dan pasangan secara resmi harus dinyatakan sebagai suami istri secara hukum negara dan hukum agama. Proses pengumpulan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menerbitkan akte nikah sebelum melangsungkan pencatatan sipil dan upacara pernikahan inilah yang kerap kali dianggap enteng bahkan dilupakan oleh pasangan, padahal sebenarnya sangat krusial.

Bacaan Lainnya

Ketika berencana menikah, luangkan waktu sebulan atau tiga bulan sebelum acara akad nikah untuk mengurus dokumen yang diperlukan. Perhatikan baik-baik setiap syarat menikah yang ditetapkan, seperti dokumen kependudukan, surat keterangan dan lain-lain yang harus segera Anda lengkapi, bahkan jika memungkinkan, lakukan sebelum merencanakan detail pernikahan lainnya. Oke inilah langkah-langkah dan persyaratan untuk menikah yang dapat kamu urus sejak jauh-jauh hari.

Persyaratan untuk Menikah 1: ke RT dan RW

persyaratan untuk mengurus pernikahan - by Muslimah Center 1

Tempat pertama yang teman-teman datangi untuk mengurus surat pengantar nikah adalah RT dan RW di daerah rumah kamu. Hal ini berlaku juga untuk pasanganmu agar mengurus surat pengantar dulu di daerah rumahnya. Jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP pribadi serta pasangan, ya. Di tahap ini, kamu akan mendapatkan surat pengantar nikah dan surat keterangan belum pernah menikah dari RT atau RW setempat.

Persyaratan untuk Menikah 2: Datang ke Kelurahan

syarat daftar nikah - by Muslimah Center 2

Step kedua dari persyaratan untuk menikah ialah datang ke kantor kelurahan. Bagi mempelai wanita mengurus di kelurahan terdekat, begitu pula dengan mempelai pria mengurus di kelurahan di daerah rumahnya. Di tahap ini, teman-teman harus mengurus surat keterangan menikah model N1, N2, N3, dan N4. Apa bedanya dari no 1 sampai 4? Okelah kita bahas dulu.

N1: Surat Pengantar Perkawinan

N2: Surat Keterangan Asal-usul

N3: Surat Persetujuan Mempelai

N4: Surat Keterangan Tentang Orang Tua

Untuk mendapatkan keempat surat tersebut secara lengkap, teman-teman harus membawa persyaratan untuk menikah di KUA 2021 secara lengkap sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP pribadi beserta pasangan (masing-masing 2 lembar)
  2. Fotokopi KTP orang tua (masing-masing 2 lembar)
  3. Surat Pengantar Nikah yang telah ditandatangani RT dan RW
  4. Fotokopi surat pengantar (2 lembar)
  5. Fotokopi Akta Kelahiran pemohon (masing-masing 2 lembar)
  6. Fotokopi Kartu Keluarga (masing-masing 2 lembar)
  7. Fotokopi KTP kedua saksi (2 lembar per orang)
  8. Surat Pernyataan Belum Pernah Menikah dengan materai Rp 6,000,- yang diketahui oleh 2 orang saksi, dibubuhkan stempel RT/RW setempat.
  9. Bagi anggota TNI/POLRI menyertakan surat izin dari atasan masing-masing.

Usai mengurus surat N1-N4, fotokopilah masing-masing sebanyak 2 lembar, berikan satu bendel ke Kelurahan, yang asli untuk KUA, dan satu bendel lagi untuk arsipmu.

Persyaratan untuk Menikah 3: ke Puskesmas Mengurus Catin

prosedur pendaftaran nikah - by Muslimah Center 3

Eits, sebelum ke KUA kamu dan pasangan akan dites kesehatan terlebih dulu sebelum melangsungkan akad nikah. Bukannya mencurigai calon pengantin berpenyakit, namun langkah ini sebagai antisipasi kesehatan kedua mempelai, terutama jika ke depannya ingin langsung memiliki keturunan.

Teman-teman cukup bawa fotokopi KTP, KK, dan fotokopi surat pengantar menikah milik pribadi dan pasangan. Setelah melakukan pendaftaran, masing-masing calon pengantin akan diarahkan ke ruang dokter untuk menjawab beberapa pertanyaan data diri dan pertanyaan mengenai kesiapan sebelum menikah.

Di tahap ini, persyaratan untuk menikah bagi wanita lebih banyak daripada laki-laki. Bagi calon pengantin wanita selanjutnya akan mendapatkan vaksin Tetanus Toksoid (TT). Langkah selanjutnya, calon pengantin wanita akan diarahkan ke bagian laboratorium untuk tes darah. Hal ini bertujuan mengecek golongan darah, penyakit keturunan dan menular, gula darah, GDS, IMS, HIV, dan Hepatitis. Usai menjalani semuanya, Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Pemeriksaan Kesehatan Catin untuk mengurus berkas pernikahan ke KUA.

Langkah 4: ke KUA

mengurus persyaratan nikah - by Muslimah Center 4

Kini saatnya mengurus segala berkas di tahap terakhir, yaitu KUA. Tempat KUAnya sendiri berada di KUA yang satu kecamatan dengan KUA calon istri. Sedangkan calon suami mengurus surat keterangan pindah nikah di KUA daerah rumah suami untuk diserahkan ke KUA calon istri. Apa saja berkas menikah di KUA, inilah dia:

  1. Surat keterangan N1, N2, N3 dan N4.
  2. Bukti imunisasi dari Puskesmas setempat.
  3. Pas foto ukuran 3 x 2 (masing-masing 5 lembar) dengan background warna biru dan pas foto ukuran 4 x 6 (masing-masing 2 lembar).
  4. Bagi anggota TNI/POLRI membawa surat izin dari atasan masing-masing.
  5. Dispensasi dari kantor kecamatan apabila hari pernikahan baru didaftarkan kurang dari 10 hari kerja.
  6. Fotokopi KTP calon pengantin dan orang tua masing-masing.
  7. Fotokopi KK.
  8. Fotokopi Akta Kelahiran.

Selanjutnya, kamu akan diminta petugas KUA untuk membayar biaya nikah sebesar Rp 600.000,- jika acara akad nikah dilaksanakan di luar kantor KUA. Sedangkan jika acara pernikahan dilangsungkan di kantor KUA, teman-teman tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Pembayaran dilakukan melalui bank yang berada di wilayah KUA tempat akad nikah dilangsungkan, kemudian kamu harus menyerahkan bukti setoran biaya nikah ke KUA tempat akad nikah. Setelah itu, akad nikah bisa dilangsungkan sesuai waktu yang telah disepakati.

Nah, jika segala berkas dan persyaratan ini dilengkapi dan direncanakan jauh-jauh hari sebelum akad nikah, tentulah mengurus pernikahan jadi lebih mudah dan lancar. Berkas nikah sangat krusial untuk teman-teman urus terlebih dahulu sebelum mengurus dekorasi, tempat, gaun pengantin, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan semoga persiapan pernikahan teman-teman lancar!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *