Perhiasan Wanita Muslimah yang Boleh Dipakai dalam Islam

perhiasan wanita muslimah yang boleh dipakai by muslimah center

muslimahcenter.com – Seorang wanita tak lepas dari perhiasan karena salah satu sifat wanita memang sangat menyukai perhiasan. Perhiasan ada banyak macamnya, mulai dari yang terbuat dari emas, terbuat dari perak, hingga beragam bebatuan kristal. Dihalalkannya perhiasan bagi wanita adalah hal yang mutlak, baik yang melingkar maupun tidak melingkar. Perhiasan emas hanya halal bagi Muslimah, sementara bagi Muslim hal ini haram.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipahami dari penggunaan perhiasan ini. Salah satunya perihal pembayaran zakat. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Dawud dan an-Nasa’i, terdapat kisah di mana seorang wanita mendatangi Rasulullah bersama putrinya. Di tangan putrinya, ada dua gelang emas yang tebal. Kemudian, Rasul berkata kepada wanita tersebut, “Sudahkah engkau memberikan zakat gelang ini?” wanita tersebut berkata, “Tidak“. Beliau pun bersabda, “Apakah engkau senang jika Allah memakaikan gelang padamu dengan keduanya pada hari kiamat dengan dua gelang dari api neraka?” Kemudian, wanita tersebut melepaskan kedua gelang itu dan menyerahkannya kepada Nabi sembari berkata, “Dua gelang itu untuk Allah dan Rasul- Nya“. Selanjutnya, Nabi menjelaskan kepada wanita itu tentang wajibnya mengeluarkan zakat bagi dua gelang yang dipakai oleh putrinya. Beliau pun tidak mengingkari wanita tersebut karena memakaikan kedua gelang itu pada putrinya.

Bacaan Lainnya

Kali ini kita akan membahas perhiasan wanita muslimah yang diperbolehkan dipakai. Apa sajakah itu?

1. Emas

perhiasan wanita muslimah yang boleh dipakai by muslimah center 1

Emas merupakan perhiasan yang sangat sering digunakan para muslimah. Warnanya yang elegan dan dapat memunculkan aura glamor ini sudah menjadi primadona perhiasan para wanita sejak dulu. Para ulama berpendapat bahwa para wanita muslim diperbolehkan untuk memakai perhiasan emas dan tak ada perdebatan sedikitpun di dalamnya. Mulai dari kalung, cincin, gelang, anting, dan ragam lainnya bisa digunakan sebagai perhiasan bagi wanita muslimah. Karena nilai dan harganya yang tinggi, maka emas sering dijadikan sebagai mas kawin saat pernikahan dan menjadi investasi bernilai tinggi untuk tabungan masa depan.

2. Perak

perhiasan wanita muslimah yang boleh dipakai by muslimah center 2

Perhiasan bagi wanita muslimah selanjutnya adalah perak. Perak merupakan material perhiasan lain yang tak kalah indahnya daripada emas. Warnanya yang mengkilat membuat perak menjadi alternatif perhiasan lainnya yang layak dikoleksi. Di dalam Islam haram hukumnya bagi seorang pria untuk memakai perhiasan emas, namum para lelaki diperbolehkan untuk memakai perhiasan perak.

Menjamurnya para pengrajin perak menciptakan banyak perhiasan perak dengan berbagai desain dan jenis yang cantik. Walau nilainya tidak setinggi emas, perhiasan perak tidak pernah ketinggalan penggemar dan selalu dicari oleh para pencinta perak.

3. Pakaian dan Sutera

perhiasan wanita muslimah yang boleh dipakai by muslimah center 3

Perhiasan wanita muslimah bisa juga berbentuk pakaian, lho. Pakaian yang indah juga termasuk perhiasan yang membalut kecantikan seorang wanita, salah satunya adalah baju yang terbuat dari sutra. Sutra memiliki citra yang erat dengan kemewahan dan keindahan. Sutra terbuat dari ulat sutra yang menghasilkan benang untuk kemudian menjadi bahan utama kain sutra.

Di dalam Islam hanya wanita yang diperbolehkan menggunakan baju berbahan sutra dan bagi lelaki haram hukumnya menggunakan semua perhiasan dan pakaian yang terbuat dari sutra. Bahannya yang lembut dan mewah sangat cocok dijadikan untuk dress atau gamis pada acara-acara formal.

Perhiasan wanita muslimah diperbolehkan dalam agama Islam asal menzakatkan terlebih dahulu perhiasannya. Dan, alangkah baiknya dalam berhias diri tidak berlebihan dan tetap mengikuti tata cara yang benar, tetap berpedoman pada syariat Islam dan tidak lepas dari hukum ajaran Islam. Karena pada dasarnya Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan dan orang-orang yang sombong akan hartanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.