7 Outfit Naik Gunung Untuk Wanita Berhijab Paling Cantik

  • Whatsapp
outfit naik gunung wanita berhijab
outfit naik gunung wanita berhijab

Outfit naik gunung untuk wanita berhijab sangat dibutuhkan untuk para pecinta mendaki di kalangan perempuan muslimah.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kegiatan naik gunung atau hiking hanya dilakukan oleh lelaki, karena wanita kurang cocok. Ada juga yang menganggap bahwa wanita kurang kuat untuk naik gunung.

Bacaan Lainnya

Padahal jawaban tersebut salah besar, ternyata banyak juga wanita yang bisa naik gunung. Bukan hanya bisa, mereka malah menjadikan naik gunung sebagai hobi.

Banyak dari anggota Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) adalah wanita, dan mereka bukan orang yang tidak suka naik gunung. Bahkan sebagian besar dari mapala wanita, adalah para wanita berhijab.

Kebanyakan waktu liburan mereka habis di gunung untuk menikmati indahnya puncak, untuk tadabbur di puncak.

Outfit Naik Gunung Untuk Wanita Berhijab

Langsung saja yuk kita bahas tentang bagaimana sih outfit yang keren untuk naik gunung bagi wanita hijab.

1. Kombinasi Kaus Oblong + Kemeja Lengan Panjang

ootd naik gunung hijab
ootd naik gunung hijab

Untuk kombinasi yang nomor 1 ini adalah kombinasi paling umum dari pendaki wanita berhijab. Mereka biasanya memakai ini saat sedang ingin berpenampilan simple.

Kaus yang dipakai biasanya hanyalah kaus polos berwarna dasar seperti putih, abu-abu, dan coklat. Tidak ada warna khusus untuk outfit kaus jika para hijaber ingin hiking.

Tapi untuk kemeja lengan panjangnya, rata-rata para hijaber memakai kemeja kotak-kotak besar. Bukan hanya rata-rata sih, tapi sebagian besar style pendaki gunung untuk wanita berhijab memakai outfit ini.

Outfit generalis ini bisa kamu tiru karena mudah untuk mencari pakaiannya. Hampir banyak toko menjual kaus oblong dan kemeja lengan panjang.

Oiya, kemeja yang dipakai itu biasanya kemeja flanel, karena untuk kemeja kotak-kotak itu identik dengan bahan flanel. Bahan flanel ini sangat anak muda banget, dan warnanya jarang ada yang terlalu cerah seperti itu.

Kombinasi kaus dan kemeja lengan panjang ini cocok untuk gunung-gunung yang tidak terlalu dingin. Contoh saja seperti gunung panderman, gunung ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu dingin. Dengan mengenakan pakaian santai seperti kaus dan kemeja lengan panjang, style naik gunungmu jadi terasa nyaman.

2. Kombinasi Kaus Oblong + Kemeja Lengan Pendek + Handsock/Manset

style naik gunung wanita berhijab
style naik gunung wanita berhijab

Kombinasi kedua sebenarnya hampir sama dengan nomor 1, hanya saja kali ini kemejanya memiliki lengan pendek.

Terus gimana dong, masa iya pakai lengan pendek? Kan nanti lengannya kelihatan, udah kelihatan aurat, kulit kita jadi hitam pula.

Jangan khawatir, karena kali ini kita akan selesaikan hal tersebut dengan solusi yang keren ini. Jarang ada wanita berhijab yang naik gunung pakai ini, padahal nyaman loh.

Jawabannya adalah handsock atau sebagian orang menyebutnya dengan manset. Yak, ini seperti perpanjangan pakaian kita. Jadi walaupun kita hanya memakai kemeja 3/4, tapi bisa teratasi dengan adanya handsock ini.

Handsock ini terasa nyaman karena bentuknya bisa mengikuti tangan kita, sehingga fleksibel untuk bergerak.

Tapi bukan hanya untuk lengan pendek, handsock ini bisa juga digunakan untuk outfit lengan panjang. Karena selain berfungsi sebagai perpanjangan baju, bisa juga menutupi punggung tangan kita.

Salah satu bagian dari wanita yang sering lupa untuk ditutupi adalah bagian punggung tangan. Seringkali mereka mengalami belang di bagian lengannya.

Apa tidak panas jika memakai handsock? Kan jadinya berlapis-lapis tuh.

Tentu saja kita harus memakai handsock dengan bahan yang pas. Ada handsock yang digunakan untuk bergaya saja. Tapi ada juga handsock yang digunakan untuk banyak beraktifitas, jadi bahannya adem dan tidak pengap.

3. Kombinasi Training + Kaus/Sweater + Outer

ootd muncak
ootd muncak

Masih di style naik gunung untuk wanita berhijab yang santai, sekarang kita membahas salah satu style yang masih agak umum. Yaitu dengan memakai kombinasi nomor 3 ini.

Saat seseorang mendaki gunung, tentunya dia memerlukan pergerakan yang luwes dan bebas. Maka dari itu kita selesaikan dengan memakai celana yang agak longgar seperti training.

Kenapa training? Kenapa bukan celana-celana seperti kulot? Karena bahan training sendiri nyaman untuk dipakai beraktifitas. Selain itu bahan training ini menyerap keringat, jadi nyaman saat kita berkeringat.

Sedangkan celana kulot itu bahannya kebanyakan kain kaku, memang sih ringan, tapi saat dipakai beraktifitas terasa kurang nyaman. Kalau secara style kita bisa dapat nilai tambah, tapi dari segi fungsional masih kurang.

Lalu untuk kaus atau sweater ini bisa dipilih tergantung kondisi. Misalkan kita sedang berada di tempat yang agak dingin, maka disarankan untuk memakai sweater. Tapi jika berada tempat yang agak panas, yaa tinggal pakai kaus.

Jika gunungnya dingin, tapi saat baru mendaki terasa pana bagiamana? Yaa fleksibel saja, awal berangkat memakai kaus. Saat sudah di tempat yang agak dingin, atau saat sedang menetap dan merasa terlalu dingin, tinggal ganti sweater.

Terakhir kita padukan training dan sweater tadi dengan outer yang cocok. Outer ini bisa berupa coat atau mantel, atau outer santai seperti cardigan.

Kalau aku sarankan lebih baik memilih model seperti coat, karena perjalanan gunung ini membutuhkan fungsi selain style. Coat itu selain indah untuk dipakai, dia juga bisa berfungsi untuk menahan dingin.

4. Kombinasi Training + Jaket Hoodie

ootd gunung hijab
ootd gunung hijab

Banyak orang beranggapan bahwa jaket hoodie adalah jaket casual yang bisa dipakai dimanapun. Mereka memang tidak salah, tapi ada yang lebih tepat.

Hoodie itu menggabungkan 2 fungsi utama antara menahan hawa dingin dengan meningkatkan style untuk naik gunung.

Pada dasarnya hoodie adalah sebuah jaket, hanya saja dengan hood atau penutup kepala. Kita semua tahu kan apa fungsi jaket sebenarnya? Ya jelas untuk menghalau dingin lah.

Maka dari itu tempat yang paling tepat untuk memaksimalkan style sebuah hoodie, apalagi untuk seorang hijabers pendaki, adalah di gunung. Kita mendapatkan banyak manfaat dari memakai hoodie di gunung ini.

Untuk warna dari hoodie ini bisa menyesuaikan dengan outfitmu yang lain. Misalkan memakai tas warna biru tua, maka kita bisa memakai hoodie berwarna cream atau kuning.

5. Kombinasi Celana Gunung + Parka

ootd pendaki wanita
ootd pendaki wanita

Kombinasi nomor 5 ini lumayan jarang yang memakai, karena akan terlihat macho dan garang.

Memakai celana gunung yang memiliki banyak saku sangat jarang dilakukan oleh wanita yang sedang hiking. Karena dengan memakai celana ini, mereka akan terlihat lebih keren.

Biasanya memang celana gunung ini berukuran oversized dan dipakai oleh para lelaki. Maka dari itu keren rasanya jika seorang perempuan memakai celana model seperti ini.

Bukan berarti aneh dan tidak boleh, ini hanya masalah selera. Jika kalian senang memakai celana seperti ini yaa tidak ada masalah.

Perempuan akan tetap terlihat anggun bagaimanapun caranya, apalagi jika mereka berhijab. Wanita berhijab yang memakai celana gunung seperti ini akan mendapat kesan “strong” saat mendaki gunung.

Lagipula secara fungsional memang celana gunung itu memiliki fungsi lebih, karena memiliki banyak saku. Bisa dimasuki pisau, kompas, makanan ringan, dan banyak lainnya.

Lalu setelah memakai celana gunung, kita akan mengkombinasikannya dengan jaket parka. Jaket parka ini adalah jaket yang memiliki banyak saku juga.

Biasanya jaket parka ini memiliki warna rustic seperti coklat tua, abu kusam, hijau puyeh, dan sebagainya.

Bersanding dengan celana gunung, jaket parka ini menambah kesan “strong” dan menambah style untuk para hijaber yang suka mendaki gunung.

6. OOTD Wanita Naik Gunung Dengan Kupluk Juga Seru

outfit mendaki wanita hijab
outfit mendaki wanita hijab

Salah satu hal yang wajib untuk menambah gaya seorang hiker hijaber adalah dengan membawa kupluk.

Tidak ada ruginya sama sekali membawa kupluk ke gunung, ringan dan bisa dipakai kapanpun.

Walaupun tidak panas saat dipakai di siang hari, tapi kupluk ini membantu menghangatkan loh di saat malam hari.

Apalagi wanita yang memakai kupluk ini akan bertambah cantiknya, serasa bidadari. Lalu karena kupluk ini ringan, kita bisa membawa beberapa jenis untuk dipakai di saat-saat tertentu. Misalkan saat mendaki memakai warna gelap, saat malam hari memakai warna cerah.

7. Style Naik Gunung Hijabers Dengan Kacamata Juga Seru

pakaian pendaki wanita berhijab
pakaian pendaki wanita berhijab

Menaiki gunung di siang hari akan terasa melelahkan, bukan hanya bagi tubuh kita yang kepanasan, tapi juga untuk mata kita. Seharian mata kita melihat terik matahari akan membuat kita pusing.

Kacamata yang bagus untuk dibawa ke gunung adalah kacamata hitam, karena bisa menghalau lebih banyak dari sinar matahari.

Selain untuk menghalau sinar matahari, kacamata juga berfungsi untuk menghalau debu-debu yang beterbangan.

Jalur pendakian dimanapun gunungnya itu sangat identik dengan debu, dan lagi debu yang ada di gunung adalah debu kasar. Bahkan di gunung lawu pun yang berisi jalur batuan, tetap memiliki debu yang berlimpah.

Jadi untuk para perempuan, bawalah kacamata untuk melindungi kalian, apapun kacamatanya. Selain membuatmu terlindung dari terik matahari dan debu, kamu juga bisa menjadikan kacamata sebagai style naik gunung.

Hampir tidak ada outfit yang tidak cocok dengan kacamata, benar kan?

8. Style Pendaki Hijabers Dengan Masker Atau Cadar

pendaki cantik hijab
pendaki cantik hijab

Selain melindungi mata, mulut dan hidung kita juga haruslah terbebas dari debu. Pernah aku naik gunung selama beberapa hari, dan bagian dalam hidungku jadi berwarna hitam.

Jangan sampai kamu mengalami hal tersebut, jadi jangan lupa bawa masker yaa ke gunung.

Selain untuk melindungi mulut dan hidung dari debu, masker juga bisa digunakan untuk ootd naik gunung untuk para wanita berhijab.

Apalagi misalkan memakai gamis atau baju panjang, bisa bersanding dengan cadar yang selaras. Tapi saran saya jika memakai seperti itu, jangan menaiki gunung yang jalurnya panjang.

Usahakan menaiki gunung yang pendek-pendek saja.

Rekomendasi Outfit Naik Gunung Untuk Wanita Berhijab

Saranku untuk para pendaki gunung, terutama para hijabers, jangan memakai outfit dengan model yang berat. Seperti apa contohnya?

Contohnya adalah seperti celana jeans. Celana jeans itu sangat kaku dan berat. Belum lagi jika misalkan turun hujan di tengah jalan, kamu akan sangat kesusahan untuk berjalan.

Jadi jangan pernah mendaki gunung dengan celana jeans ya ukhti.

Sekian tips dari Muslimah Center tentang bagaimana outfit naik gunung untuk pengguna hijab atau wanita berhijab.

Ada outfit yang mau di share lagi? Silahkan langsung share di kolom komentar yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *