Kreasi Anti-Bosan – Yuk, Membuat Bunga Kering jadi Wall Decor Cantik!

kreasi bunga kering - by muslimah center

muslimahcenter.com – Punya stok bunga-bunga segar atau bunga kering sisa background dan bingung mau diapain? Eits, jangan dibuang ya, sahabat muslimah. Dibuang sayang banget deh… Nah, kita mau bikin hiasan cantik kreasi dari bunga kering yang akan mempercantik dinding kamarmu. Kamu bisa berkreasi dengan bunga kering ini dan pastinya kegiatan DIY (do-it-yourself) ini anti-bosan dan bikin ide-ide kreatif di benakmu jadi bermunculan. Sebelum berkreasi, Mimin mau kasih beberapa tips memilih dan merawat dried flowers atau bunga kering dulu ya..

1. Pilih Bunga yang Ingin Dikeringkan

1 cara membuat kreasi bunga kering - by muslimah center

Semua bunga bisa dikeringkan kok sahabat muslimah, namun ada beberapa yang punya ketahanan lebih sedikit dibanding bunga lainnya. Misalnya nih, jika kamu ingin bunga matahari kering, maka harus menyimpannya dengan sangat baik karena kelopaknya mudah rontok. 

Bacaan Lainnya

Sedangkan bunga lily yang kering tidak akan semegah saat masih segar. Sahabat muslimah pilih bunga yang kecil dan cukup kuat untuk dikeringkan. Satu lagi, pilih yang warnanya pekat agar warna aslinya tetap terlihat meski sudah kering.  Beberapa bunga yang bisa dikeringkan adalah chrysant, mawar, baby breath, dan amaranth.

2. Bunga Masih Kuncup = Masih Segar

2 tips memilih bunga hias - by muslimah center

Bunga yang sudah mekar sempurna memang indah dipandang, namun tidak akan bertahan lama jika dikeringkan. Oleh karena itu, pilihlah bunga yang masih kuncup ya. Meski sudah dipotong dari pohonnya, bunga ini masih bisa mekar sedikit sehingga memberikan bentuk sempurna untuk dikeringkan. Kamu bisa merendam bunga yang masih kuncup ini dalam wadah berisi air. Potong tangkainya berbentuk serong. Jika belum juga dikeringkan, rutinlah mengganti air dan memotong sedikit ujung tangkainya, ya.

3. Pilih Bunga yang Tangkainya Masih Panjang

3 kreasi dari bunga - by muslimah center

Jika berencana membuat bunga kering, cari yang tangkainya agak panjang. Ini akan memudahkan proses pengeringan karena tangkainya bisa diikat tanpa merusak bunga. 

Sementara itu, sebelum mengeringkan, usahakan untuk memotong semua daun yang ada di tangkai. Ini akan memudahkan proses pengeringan karena daun akan rontok saat sudah kering. 

4. Keringkan pada Posisi Terbalik

4 how to make dried flowers - by muslimah center

Memasuki step mengeringkan bunga nih. Metode ini akan cukup memakan waktu yaitu sekitar 2-4 minggu. Jadi, harap bersabar ya, sahabat muslimah! Ehehe… Proses mengeringkan dimulai dengan menggantungkan bunga dengan terbalik. Kamu bisa mengikat ujung tangkai dengan karet atau bisa juga mengikatnya dengan tali. 

Hindari mengeringkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung karena bisa membuat warnanya pudar. Pilih area yang udaranya cenderung kering dan panas namun tetap ada angin. Biasanya di dekat loteng akan jadi tempat yang pas. 

Kamu bisa menggabungkan beberapa bunga sekaligus dalam satu ikat, namun jangan terlalu padat karena bisa berpotensi jadi busuk dan bentuknya berubah.

5. Last, Semprotkan Bahan Pelapis Bunga

5 cara membuat bunga kering - by muslimah center

Agar kreasi bunga keringmu perfectly atau cantik maksimal, kamu harus menyemprotkan floral sealer atau bahan pelapis bunga. Apa gunanya? Ini harus dilakukan agar bunga-bungamu itu awet, lebih kuat, dan tak mudah rontok alias rapuh kalau sudah dalam kondisi kering. Nggak punya floral sealer? Kamu bisa kok pakai hair spray!

Oke, membuat bunga keringnya sudah. Sekarang saatnya membuat kreasi bunga kering untuk wall decor nan cantik. Begini caranya.

Cara Membuat Kreasi Bunga Kering

Bahan dan alat yang kamu perlukan:

  • Gunting
  • Tali
  • Selotip bening
  • Lem
  • Dried flowers (bunga dan dedaunan kering)

Cara membuat:
1. Pertama-tama ambil bunga kering, potong tangkainya supaya tidak terlalu panjang, rapikan bunga agar tidak berantakan.

B1 kerajinan dried flower - by muslimah center

2. Berkreasilah dengan menggabungkan dua bunga yang berbeda jenis atau berbeda warna menjadi satu. Rekatkan dengan menggunakan lem.

B2 wall decor dari bunga kering - by muslimah center

3. Tata dan rekatkan bunga-bungamu pada dinding dengan menggunakan selotip bening. Beri jarak yang sama ya agar rapi.

B3 dekor kamar aesthetic - by muslimah center

4. Selain menggunakan selotip bening, kamu juga bisa menggantung dried flowers dengan tali, kemudian rekatkan pada kayu yang menempel di dinding kamarmu.

B4 hanging flower decoration - by muslimah center

5. Alhamdulillah sudah jadi! Kini dinding kamar sahabat muslimah jadi lebih cantik, berwarna dan aesthetic, kan?

B5 dried flowers wall decor - by muslimah center

Selamat mencoba dan berkreasi dengan bunga kering ya, sahabat muslimah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.