Ini Keutamaan Sifat Jujur yang Perlu Kamu Tahu

keutamaan sifat jujur - muslimah center

muslimahcenter.com – keutamaan sifat jujur – Setiap insan manusia haruslah memiliki sifat jujur. Dengan memiliki sifat jujur, seseorang akan mudah dipercaya oleh orang lain. Sifat jujur juga akan membawa seseorang pada keberuntungan.

Mengapa kita harus memiliki sifat jujur? Jujur merupakan salah satu sifat mulia Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang merupakan sosok mulia dan teladan sempurna bagi seluruh umat manusia. Nabi Muhammad SAW sudah dikenal sebagai pribadi yang jujur dan amanah bahkan sejak beliau belum diangkat menjadi Nabi.

Bacaan Lainnya

Dalam Islam, jujur memiliki keutaamaan tersendiri dan menjadikan orang yang memiliki sifat tersebut mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. Berikut ini, Muslimah Center akan membahas mengenai keutamaan sifat jujur untuk sahabat muslimah.

1. Mendapatkan Ketenangan Hati

1 mengapa kita harus memiliki sifat jujur - muslimah center

Orang yang selalu jujur akan mendapatkan ketenangan di dalam hatinya. Dia akan merasa nyaman dengan kejujuran yang telah dia lakukan. Berbeda halnya dengan orang yang suka berdusta, hidup mereka tidak akan tenang dan penuh dengan kebimbangan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tinggalkanlah apa-apa yang meragukanmu dengan mengerjakan apa-apa yang tidak meragukanmu. Sesungguhnya kejujuran adalah ketenangan dan sesungguhnya kedustaan (akan mengantarkan kepada) keragu-raguan atau kebingungan.” (HR At-Tirmidzi, Shahih)

2. Salah Satu Jalan Menuju Surga

Jujur membawa manfaat bukan hanya di dunia, tetapi juga menjadi jalan yang mengantarkanmu menuju ke surga saat di akhirat nanti. Keutamaan sifat jujur ini sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya kejujuran akan menunjukkan kepada kebaikan, dan kebaikan itu akan mengantarkan ke surga. Seseorang yang berbuat jujur oleh Allah akan dicatat sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kezaliman, dan kezaliman itu akan mengantarkan ke arah neraka”. (HR Bukhari Muslim)

Orang yang jujur akan dicintai oleh Allah SWT. Jujur membutuhkan keteguhan hati, terkadang terasa berat, pahit, dan mengundang resiko. Tetapi segala sesuatu yang diniatkan karena Allah tentu akan mendapat jaminan balasan  yang terindah dari Allah pula yaitu berupa surga.

Allah memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa beriman dan meningkatkan kualitas taqwa nya dengan menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya, perintah jujur tersebut adalah jujur dalam berkata, jujur dalam berbuat, dan jujur dalam seluruh keadaan atau kondisi apapun agar senantiasa semangat serta terhindar dari segala bentuk keinginan yang buruk karena sesungguhnya kejujuran itu akan menjunjukkan pada kebaikan dan kebaikan tersebutlah yang akan menunjukkan jalan menuju ke surga seperti firman Allah SWT berikut :

“Hai orang orang ang beriman bertakwalah kalian kepada Allah, dan hendaklah bersama orang orang jujur lagi benar”. (QS At Taubah : 119)

3. Mendapatkan Pahala dan Ampunan Dosa

Setiap perintah dari Allah selalu memiliki kebaikan di dalamnya, termasuk perintah untuk berbuat dan berkata jujur yang memiliki pahala yang besar juga di sisi Allah seperti dalam firman Allah berikut :

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang sidiqin (benar), laki-laki dan perempuan yang sabar, … Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS Al Ahzab 35)

Orang yang jujur mendapat pahala dan ampunan dosa seperti orang yang mati syahid di jalan Allah SWT, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa meminta mati syahid dengan jujur, maka Allah akan mengantarkannya ke dalam golongan orang-orang syahid, walaupun ia mati di atas kasurnya”. (HR Muslim)

Maksud dari hadits tersebut adalah, orang-orang yang meninggal dunia dalam keadaan senantiasa berbuat dan berkata jujur, akan diampuni dosa-dosanya dan mendapat pahala seperti orang yang mati syahid.

4. Menjadi Teladan yang Baik

4 jujur dalam jual beli menurut islam - muslimah center

Seorang yang jujur di dalam kesehariannya dengan orang lain, maka akan mendapatkan keutamaan sifat jujur berupa keberkahan di dalam hidupnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyatakan:

“Penjual dan pembeli memiliki hak khiyaar (pilih) selama mereka belum berpisah. Apabila keduanya jujur dan saling menjelaskan, maka mereka akan diberkahi di dalam jual beli mereka. Apabila mereka berdusta dan saling menyembunyikan (cacat) maka akan dilenyapkan keberkahan jual beli mereka.” (HR Bukhari)

Hadits ini menunjukkan bahwa keberkahan di dalam jual beli bisa didapatkan dengan kejujuran.

5. Terhindar Dari Munafik

5 ciri sifat jujur - muslimah center

Dalam khutbah atau ceramah keagamaan kita sering mendengar mengenai tiga ciri ciri orang munafik yaitu : “Jika berbicara ia dusta, jika berjanji ia mengingkari, jika diberi amanah ia berkhianat”. (HR Bukhari)

Dari hadits tersebut manusia diingatkan untuk senantiasa berhati-hati dalam berbuat dan bersikap, untuk senantiasa jujur dalam perbuatan dan tutur kata agar tidak termasuk golongan orang yang munafik. Seorang mukmin bisa saja memiliki sifat bakhil atau sifat penakut, namun tidak mungkin berbohong, seorang mukmin akan senantiasa jujur dan terhindar dari sifat munafik seperti dalam kisah berikut yang diriwayatkan oleh Malik dari Sofwan bin Sulaim dalam kitab Al Muwatha :

“Ditanyakan kepada Rasulullah SAW : Apakah seorang mukmin bisa menjadi penakut? Beliau menjawab ya. Lalu beliau ditanya lagi, apakah seorang mukmin isa menjadi bakhil? Beliau menjawab ya. Lalu ditanyakan lagi apakah seorang mukmin bisa menjadi pembohong? Beliau menjawab tidak!”

Semoga kita tetap istiqomah untuk senantiasa menjadi orang yang jujur ya, sahabat muslimah. Keutamaan sifat jujur akan membuat hidupmu terasa nyaman dan merupakan terapi hati dan jiwa yang terbaik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.