Mengenal Jenis-Jenis Zakat, Sudahkah Anda Menunaikannya?

jenis-jenis zakat by muslimah center

muslimahcenter.com – Zakat bagi umat muslim wajib hukumnya, apalagi menjelang bulan Ramadhan.  Zakat, secara luas, berarti harta yang wajib disisihkan oleh kaum Muslimin untuk orang lain yang berhak menerima dan lebih membutuhkan. Contohnya seperti fakir miskin dan mereka yang sudah ditetapkan oleh syariah. Dalam rukun Islam, membayar zakat berada pada urutan keempat, yang sudah dijadikan salah satu faktor paling penting untuk menjalankan dan menegakkan syariat Islam. Zakat hukumnya wajib untuk orang-orang yang memiliki harta berlebih dan mencapai batas nisab. Namun tahukah Anda bahwa zakat ada banyak sekali macamnya? Yuk, mengenal jenis-jenis zakat dalam Islam yang wajib ditunaikan oleh umat muslim pada ulasan berikut ini.

1. Zakat Fitrah

jenis-jenis zakat by muslimah center 1

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri atau pada akhir bulan Ramadhan. Zakat fitrah dapat dibayar dengan setara 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok dari daerah yang bersangkutan. Karena makanan pokok di Indonesia adalah nasi, maka yang dapat dijadikan sebagai zakat adalah berupa beras. Namun, zakat fitrah juga bisa berupa uang tunai yang setara dengan biaya 2,5 kg beras.

Bacaan Lainnya

2. Zakat Maal

zakat maal by muslimah center 2

Zakat maal atau zakat harta adalah zakat penghasilan misalnya hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil ternak, emas atau perak. Ada beberapa syarat untuk menunaikan zakat maal, yaitu harta tersebut miliknya penuh; bebas dari hutang; sudah lebih dari setahun dikelola, sudah cukup nilai nisabnya, dan mempunyai potensi untuk berkembang. Untuk perhitungan zakat maal ini yaitu 2,5% dikalikan jumlah harta yang tersimpan selama setahun.

Golongan yang Berhak Menerima Zakat

1. Fakir

Golongan fakir ialah orang yang hampir tidak memiliki apapun sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

2. Miskin

membantu sesama by muslimah center a

Golongan orang yang memiliki sedikit harta, tetapi tidak bisa mencukupi kebutuhan dasar untuk hidupnya.

3. Amil

Yaitu orang yang mengumpulkan dan membagikan zakat.

4. Mu’alaf

Mu’alaf ialah orang yang baru masuk atau baru memeluk agama Islam dan memerlukan bantuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru.

5. Hamba Sahaya

Yaitu orang yang ingin memerdekakan dirinya.

6. Gharimin

Orang yang berutang untuk memenuhi kebutuhannya, dengan catatan bahwa kebutuhan tersebut adalah halal. Akan tetapi tidak sanggup untuk membayar utangnya.

7. Fisabilillah

Orang yang berjuang di jalan Allah.

8. Ibnus Sabil

Orang yang kehabisan biaya dalam perjalanannya dalam ketaatan kepada Allah.

zakat fitrah by muslimah center b

Nah, itulah jenis-jenis zakat dan pengetahuan tentang zakat yang wajib Anda ketahui. Jangan lupa untuk menunaikan zakat dan syarat-syaratnya. Karena fungsi zakat selain untuk menyucikan diri, tetapi juga dapat membantu sesama melalui zakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.