Hati-Hati 7 Cobaan Sebelum Menikah Ini Sering Datang Tiba-Tiba!

cobaan sebelum menikah by muslimah center

muslimahcenter.comcobaan sebelum menikah – Menjalin hubungan bukanlah perkara yang mudah. Memiliki dua sifat yang berbeda dengan dua pemikiran yang berbeda tentulah cobaan tersendiri bagi pasangan yang menjalin hubungan. Apalagi pada saat-saat sebelum pernikahan. Memang ada saja hal-hal yang menguji kesungguhan niat ketika menjalin hubungan dan hendak menikah. Cobaan dalam menikah akan teman-teman hadapi ketika memutuskan untuk melangsungkan pernikahan.

Namun, meskipun banyak cobaan sebelum menikah, tanamkan dalam dirimu bahwa kamu menikah dalam rangka mengikuti sunah para rasul. Karena Allah berfirman,

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً

Sungguh Aku telah mengutus para rasul sebelum kamu, dan Aku jadikan untuk mereka istri dan keturunan. (QS. Ar-Ra’d: 38).

Tanamkan pula bahwa kamu menikah untuk mengikuti ajakan dan motivasi Rasul Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang telah bersabda,

النِّكَاحُ مِنْ سُنَّتِى فَمَنْ لَمْ يَعْمَلْ بِسُنَّتِى فَلَيْسَ مِنِّى وَتَزَوَّجُوا فَإِنِّى مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمَ

“Nikah itu sunahku… Siapa yang tidak mengamalkan sunahku, bukan bagian dariku. Menikahlah, karena aku merasa bangga dengan banyaknya jumlah kalian di hadapan seluruh umat.” (HR. Ibnu Majah 1919 dan dihasankan Al-Albani).

Agar kamu tak kaget saat hadirnya cobaan sebelum menikah, yuk kita bahas dulu macam-macam cobaan sebelum menikah yang sering datang tiba-tiba ini.

1. Munculnya Keraguan yang Memicu Pertengkaran

anjuran menikah by muslimah center 1

Hal yang satu ini adalah hal paling umum terjadi pada pasangan yang hendak memutuskan untuk menikah. Meski sudah cukup lama mengenal satu sama lain dengan baik, tapi masih saja akan muncul keraguan dalam hati masing-masing calon mempelai. Apakah benar ia yang ditakdirkan sebagai pasangan hidup? Apakah benar hubungan kalian sudah benar-benar cocok?

Keraguan ialah hal wajar saat menjelang pernikahan, tapi jika keraguan mengubah sifat teman-teman jadi lebih sensitif dan mudah memicu pertengkaran, ini baru nggak wajar. Biasanya kamu dan pasangan akan mudah emosi karena hal yang remeh dan pertengkaran tak dapat dihindari lagi. Apalagi dengan segala persiapan yang harus dilakukan tentu memakan sebagian besar energi dan pikiranmu dengan calon pasangan.

Cara mengatasi cobaan sebelum menikah satu ini, lebih baik kamu dan pasangan berusaha untuk membicarakan semuanya bersama-sama dengan kepala yang dingin tentunya. Berdo’a, berpuasa, dan menjalankan sholat istikharah juga dapat menjawab keraguanmu dengan pasangan, membuat hati dan pikiran lebih damai, serta menambah kesiapanmu akan rencana menikah. Ingatlah bahwa tak ada pasangan yang sempurna. Sehingga kamu dan pasangan akan saling melengkapi dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

2. Finansial yang Tak Stabil

tips merencanakan pernikahan by muslimah center 2

Cobaan sebelum menikah yang satu ini sering muncul tak terduga apalagi menjelang pernikahan. Karena pernikahan, meski dengan prosesi yang sederhana tentulah membutuhkan biaya. Meski kesiapan finansial menjelang menikah sudah direncanakan dengan matang, namun ada saja hal-hal tak terduga yang membuat pengeluaranmu membengkak. Alhasil keuanganmu dan pasangan tak stabil, memicu pertengkaran bahkan dengan keluarga maupun calon mertua.

Jika hal ini terjadi, cobalah berdiskusi baik-baik dengan pasangan. Cari jalan keluar dari masalah ini, misalnya dengan mengurangi sesuatu yang berlebihan atau meminta bantuan kepada keluarga dan kerabatmu.

3. Hadirnya Sosok Ketiga dalam Hubungan

Terkadang sosok yang tak diduga datang tiba-tiba akan datang ketika teman-teman baru merencanakan hubungan yang serius. Misalnya datangnya orang yang pernah kamu sukai atau orang baru yang tiba-tiba mendekatimu.

Hal ini terkadang dikarenakan calon pengantin akan memancarkan aura bahagia. Karena memancarkan aura bahagia, ia pun bisa terlihat makin cantik, menarik dan mempesona. Inilah yang membuatnya disukai banyak orang.

Namun ingatlah selalu bahwa orang yang benar-benar mencintaimu ialah orang yang berani melangkah ke jenjang yang lebih serius bersama-sama. Yang sama-sama beriman dan bertakwa kepada Allah, dan berani menjalin ikatan seumur hidup denganmu. Pikirkan kembali memori-memori yang pernah kamu jalani bersama calon pengantinmu, dan diskusikan segala masalah bersama-sama. Jangan pernah membuat keputusan yang membuatmu menyesal dengan mengabaikan seseorang yang dengan jelas menyuguhkan masa depan untuk dijalani bersama-sama.

4. Kesibukan Masing-Masing Menjelang Hari Pernikahan

cobaan sebelum menikah by muslimah center 4

Kesibukan masing-masing terkadang juga bisa menjadi cobaan sebelum menikah yang tak bisa teman-teman pungkiri. Komunikasi dengan calon pasangan bisa-bisa kurang berjalan dengan lancar karena kesibukan yang menyita waktu. Kesibukan ini juga menjadi penyebab adanya masalah kecil yang akhirnya menjadi perdebatan atau pertengkaran.

Contoh kasisnya misalnya dikarenakan kesibukan calon pengantin pria, calon pengantin perempuan harus lebih menyiapkan tenaga ekstra untuk mengurus semua kebutuhan pernikahan. Nah, jika kamu dan pasangan merupakan dua orang dengan rutinitas yang padat, ada baiknya bila kalian menyewa jasa wedding organizer untuk mengatasi dan mengurus semua keperluan pernikahanmu.

5. Perbedaan Pendapat Tentang Persiapan Acara Pernikahan

cobaan sebelum menikah by muslimah center 5

Tak satu pemikiran dan sering berbeda pendapat? Awas nih, ini juga cobaan sebelum menikah. Biasanya perbedaan pendapat ini tak hanya datang dari kedua mempelai saja, namun juga dari pihak keluarga. Misalnya nih tentang adat apa yang dipakai untuk resepsi pernikahan, jika memang calon mempelai berasal dari wilayah yang memiliki kebudayaan berbeda. Kemudian masalah kecil lainnya, seperti seragam keluarga, konsep pernikahan, hingga katering pun bisa memicu perbedaan pendapat. Sebaiknya kamu memilih jalan tengah dengan mengkombinasikan kedua pendapat tersebut, jika terpaksa memilih salah satu ide dari satu keluarga, coba jelaskan baik-baik ke keluarga calonmu untuk lebih memahami dan menghargai kebaikan dari keputusan ini,

6. Mendapatkan Pekerjaan Impian

tips menjelang pernikahan by muslimah center 6

Ketika kamu tengah sibuk mempersiapkan pernikahan, tiba-tiba justru datang tawaran pekerjaan baru yang selama ini kamu impikan. Sayangnya, di pekerjaan baru ini kamu tak boleh terikat oleh pernikahan. Kamu pun bingung lebih memilih karir atau tetap melanjutkan rencana menikah. Segera putuskan hendak memilih yang mana dengan resiko yang memang harus kamu tanggung bersama pasangan.

7. Restu Orang Tua yang Belum Didapatkan

restu orang tua by muslimah center 7

Cobaan sebelum menikah yang terakhir adalah restu orang tua. Hal ini sangat penting bagi setiap pasangan. Ya iyalah, orang tua mana yang mau anaknya menikah dengan orang yang salah. Atau, jika kamu benar-benar yakin bahwa selama ini penilaian orang tuamu salah, coba yakinkan mereka untuk lebih menerima calon pengantinmu.

Faktor yang memicu orang tua tak merestui hubungan kalian biasanya karena mereka belum mengetahui secara dalam bagaimana karakter pasanganmu dan juga latar belakang keluarganya. Jelaskan pada orang tuamu dengan cara yang baik, jika memang pasanganmu adalah jodohmu, pasti akan selalu ada jalan untuk menyatukan hubungan kalian berdua.

Oke itulah beberapa hal yang biasanya menjadi cobaan sebelum menikah, baik yang akan dihadapi calon suami maupun istri. Gambaran mengenai masalah-masalah sebelum menikah ini mudah-mudahan makin membuatmu siap dan mempunyai rencana bagaimana menghadapi dan mengatasinya. Yang paling penting, tetap jaga komunikasimu dengan keluarga, calon pasangan dan keluarga pasangan. Jangan lupa juga untuk berdo’a kepada Allah SWT agar diberi kemudahan serta kelancaran dalam melakukan prosesi pernikahan nanti.

Pencarian topik ini:

  • https://www muslimahcenter com/cobaan-sebelum-menikah/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.