Begini Ciri-ciri Orang Munafik Menurut Islam

ciri orang munafik menurut islam - muslimah center

muslimahcenter.comciri orang munafik menurut islam – Sifat munafik  merupakan suatu perilaku yang mana perbuatannya tidak sesuai dengan apa yang ada di hati. Seorang yang munafik selalu menyembunyikan maksud sebenarnya yang ada di balik suatu perbuatan yang ia lakukan. Sifat munafik ini sangatlah di larang dalam agama Islam karena merupakan salah satu perbuatan buruk yang dapat mencelakai orang lain, dan juga dapat merugikan diri sendiri. Allah SWT sangat membenci perilaku munafik ini.

Banyak di kalangan manusia yang selalu ingin dirinya terlihat baik, terlihat sempurna di mata orang lain dengan apapun maka akan mereka lakukan. Pemikiran inilah yang memicu munculnya sifat munafik.

Bacaan Lainnya

3 Ciri Orang Munafik Menurut Islam

Ciri-ciri orang munafik menurut ada 3, menurut Hadis yang riwayat Abu Hurairah:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلَاثٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

“Rasulullah SAW bersabda: Tanda orang munafik tiga; apabila berkata ia berbohong, apabila berjanji mengingkari, dan bila dipercaya mengkhianati.”

1. Suka Berbohong

1 Ciri orang munafik ada 3 - muslimah center

Seseorang akan terlihat dari ucapannya, apa-apa yang keluar dari ucapan nya maka itu menandakan salah satu ciri sifat seseorang tersebut. Lalu bagaimana jika orang itu justru menyembunyikan sifatnya di balik perkataan yang tidak benar atau bisa jadi hanya mengada-ngada saja?

Jika itu yang terjadi maka orang tersebut sudah masuk kriteria ciri orang munafik menurut islam yang apabila ia berkata ia akan bohong. Orang yang munafik sering kali berkata bohong atau berdusta. Dalam islam, tindakan ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Tak hanya dibenci Allah, berdusta juga mendatangkan banyak kemudaratan.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Ahmad Musnad, Rasulullah bersabda:

“Celaka baginya, celaka baginya, celaka baginya. Iaitu seseorang yang berdusta agar orang-orang tertawa.” (HR. Imam Ahmad Musnad).

2. Ingkar Janji

2 akibat ingkar janji - muslimah center

Ciri orang munafik menurut islam yang kedua adalah suka ingkar janji. Kita sebagai umat muslim wajib untuk selalu menjaga lisan, apalagi dalam pengucapan kata “janji”. Terkadang orang berjanji agar orang lain merasa yakin terhadap dirinya, maka dengan begitu akan orang lain akan mudah yakin dan percaya atas apa yang ia janjikan tanpa berfikir panjang apakah janji itu bisa terpenuhi atau tidak.

Janganlah mengucap janji apabila kita tahu tidak dapat menepatinya. Karena janji sama halnya dengan hutang yang harus terbayar atau sumpah yang tak boleh terlanggar. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَأَوْفُوا بِالْعَهْدِ إِنَّ الْعَهْدَ كَانَ مَسْئُوْلاً

“Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Isra’: 34).

Juga dalam Al-Quran juga telah disebutkan anjuran untuk selalu menepati janji.

“Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.” (QS. An- Nahl ayat 91).

3. Ciri Orang Munafik Menurut Islam: Berkhianat

3 berkhianat sebagai ciri sifat munafik - muslimah center

Saat kita mendapat kepercayaan dari orang lain tentu saja kita akan merasa sangat dihargai. Dengan kita telah mendapat kepercayaan orang lain, itu artinya kita memiliki sesuatu yang lebih dalam diri kita. Namun, tidak sedikit orang yang menerima kepercayaan oleh orang lain tapi tidak menggunakannya dengan baik. Yang ada malah ia lupa akan kepercayaan yang telah orang beri untuknya, ia berkhianat atas apa yang ia ucapkan dan lakukan sehingga tidak sesuai dan tidak dapat orang lain percaya lagi.

Orang yang memiliki sifat seperti demikian termasuk ciri- ciri orang munafik menurut islam. Seseorang yang berkhianat berarti perbuatannya dan ucapannya tidak dapat kita percaya. Sebagaimana yang telah ada dalam hadits riwayat Ashabu As-Sunan:

“Tunaikanlah amanat itu kepada orang yang telah mempercayaimu dan janganlah kamu berkhianat kepada orang yang mengkhianatimu.”

Meski telah mengetahui ciri-ciri sifat orang munafik, Rasulullah tetap memperlakukan orang-orang tersebut seperti muslim pada umumnya. Meski begitu, umat Islam harus tetap mewaspadai kemunafikan mereka.

Seperti petunjuk dari Allah Ta’ala dalam Al-Quran berikut:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ جَاهِدِ الْكُفَّارَ وَالْمُنَافِقِينَ وَاغْلُظْ عَلَيْهِمْ وَمَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ الْمَصِيرُ

“Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah neraka Jahannam. Dan itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya.” (QS. At-Taubah [9] : 73)

Dalam petunjuk tersebut, Allah memerintahkan untuk tidak bersifat lembut terhadap orang-orang kafir dan munafik. Sementara itu, Allah Ta’ala memerintahkan bersikap lunak dan hormat terhadap mukminin. Sungguh Allah telah berfirman, yang artinya:

وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِمَنِ اتَّبَعَكَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.” (QS. Asy-Syu’araa’ [26] : 215)

Itulah ciri-ciri orang munafik menurut islam yang sebaiknya sahabat muslimah hindari. Teruslah berusaha untuk menjadi orang yang berperilaku baik. Karena amal dan perbuatan baik kelak akan menjadi ladang amal kita di akhirat nanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.