4 Cara Tetap Menjaga Tali Silaturahmi dalam Islam

menjaga tali silaturahmi by muslimah center

muslimahcenter.commenjaga tali silaturahmi – Islam telah mengajarkan bahwasanya seorang muslim haruslah selalu menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitarnya. Silaturahmi juga merupakan salah satu amalan untuk menyambung tali persaudaraan. Silaturahmi juga mempunyai manfaat yang luar biasa, seperti memperpanjang umur dan melapangkan rezeki, menjaga kerukunan antar umat, dan lebih mendekatkan diri kepada jalan Allah. Tak hanya pada momen lebaran, silaturahmi juga harus senantiasa dijaga dan tidak memutus hubungan atau tali persaudaraan antar keluarga maupun masyarakat sekitar.

Berikut cara menjaga silaturahmi dalam islam yang dapat Anda pahami dan terapkan:

Bacaan Lainnya

1. Membantu Kerabat

menjaga tali silaturahmi by muslimah center 1

Sebagai seorang insan atau khalifah di muka bumi, kita haruslah saling bantu-membantu. Anda bisa membantu kerabat atau orang yang membutuhkan bantuan selagi Anda mampu untuk melakukannya, seperti dalam ayat berikut:

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.” (QS.An Nahl: 90).

2. Memberikan Hak Kerabat Terdekat

Anda dapat mengamalkan sebagian harta Anda untuk kerabat terdekat yang membutuhkan. Hak mereka berupa kebutuhan pokok dari orang-orang yang mampu, karena itu berilah sedekah atau zakat sebagai kewajiban Anda membantu mereka.

“Maka berikanlah kepada kerabat yang terdekat akan haknya, demikian (pula) kepada fakir miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan. Itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang mencari keridhaan Allah; dan mereka itulah orang-orang beruntung” (QS.Ar Rum: 38).

3. Bertutur Kata yang Baik

menjaga tali silaturahmi by muslimah center 3

Bertutur kata yang baik juga menjadi salah satu cara menjaga tali silaturahmi. Dengan bertutur kata yang baik, akan banyak orang yang suka berkomunikasi dengan Anda sehingga tali sillaturahmi pun tetap terjaga. Seperti dalam ayat Al-Qur’an berikut ini:

“(Yang lebih baik bagi mereka adalah) taat (kepada Allah) dan bertutur kata yang baik. Sebab apabila perintah (perang) ditetapkan (mereka tidak menyukainya). Padahal jika mereka benar-benar (beriman) kepada Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka. Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; lalu dibuat tuli (pendengarannya) dan dibutakan penglihatannya.” (QS.Muhammad: 22-23).

4. Memberi Makan Anak Yatim yang Merupakan Kerabat

menjaga tali silaturahmi by muslimah center 4_

Jika Anda mempunyai saudara yang anaknya berstatus yatim dan kebutuhannya masih sulit terpenuhi, maka bantulah ia agar mendapatkan haknya dan memperoleh masa depan yang lebih baik.

“atau memberi makan pada hari terjadi kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat.” (QS.Al Balad: 14-15)

Allah memberi imbalan besar bagi hamba-Nya yang beriman dan berbuat baik, yaitu tempat di taman-taman surga. Dalam ayat-ayat tentang silaturahmi ini, Allah memerintahkan kepada Rasulullah untuk menyampaikan kepada umatnya agar berkasih sayang dalam kekeluargaan. Kita sebagai makhluk sosial pun harus menerapkannya untuk tetap menjalin tali silaturahmi dan membantu saudara-saudara yang membutuhkan bantuan.

“Itulah (karunia) yang diberitahukan Allah untuk menggembirakan hamba-hamba-Nya yang beriman dan mengerjakan kebajikan. Katakanlah (Muhammad), “Aku tidak meminta kepadamu sesuatu imbalan pun atas seruanku kecuali kasih sayang dalam kekeluargaan.” Dan barangsiapa mengerjakan kebaikan akan Kami tambahkan kebaikan baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukuri.” (QS. Asy Syura: 23)

Setiap insan pada dasarnya bersaudara. Seperti dalam ayat berikut.

 “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat: 10).

Dalam Al Quran juga tercantum ayat yang menunjukkan bahaya jika seseorang sengaja memutus silaturahmi. Allah berfirman, “(yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS.Al Baqarah: 27).

“Orang-orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahanam).” (QS.Ar Ra’d:25).

Karena itu tetap jaga silaturahmi dengan orang-orang di sekitar Anda ya, Sahabat Muslimah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.