Begini 8 Cara Menata Lemari Pakaian Agar Selalu Rapi

  • Whatsapp
cara menata lemari pakaian - muslimah center

muslimahcenter.com – Kamarmu terlihat berantakan gara-gara isi lemari pakaian yang sudah tak muat lagi? Lemari pakaian tetap harus dalam kondisi yang rapi dan memiliki penataan yang cukup baik agar ruang pribadimu tampak indah dan bersih. Namun hal ini terkadang susah diterapkan apalagi jika kamu mempunyai kesibukan yang cukup padat dan sering membeli baju baru yang semakin membuat lemari pakaian overload. Tetapi tenang saja, ada beberapa cara menata lemari pakaian agar rapi untuk menyiasati kapasitas lemari pakaianmu. Seperti apa caranya? Yuk, simak step by step berikut ini.

1. Menyeleksi Baju yang Sering Dipakai

Cara pertama untuk menata lemari pakaian agar rapi ialah dengan menyeleksi baju yang sering dipakai. Bisa jadi lemarimu penuh karena masih banyak baju-baju lama yang sebenarnya sudah tidak muat lagi untuk kamu kenakan yang masih tertumpuk dalam lemari. Nah, kamu harus mengeluarkan baju-baju yang menjadi isi lemarimu kemudian menyeleksinya hingga terpilih baju yang sering kamu gunakan atau masih muat di tubuhmu. Lalu untuk baju-baju lama yang sudah tak muat lagi untuk kamu dapat kamu berikan kepada saudara atau kepada orang yang membutuhkan. Karena tidak mungkin dong menyimpan sesuatu yang sudah tidak bisa kamu kenakan lagi.

Bacaan Lainnya

2. Atur Pakaian Sesuai Fungsinya

2 menata lemari baju - muslimah center

Ada banyak sekali fungsi dari pakaian yang kamu miliki dan itu tergantung dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya aktivitas sehari-hari kamu adalah bekerja, bersantai, di rumah, hingga berkumpul dengan orang terdekat, maka fungsi pakaian dalam lemari juga akan seperti itu.

Cobalah bagi pakaianmu terlebih dahulu sesuai dengan kegiatan yang biasa kamu lakukan. Petakan baju untuk bekerja dan bersantai di rumah. Selanjutnya tatalah pakaian tersebut ke dalam lemari secara berkelompok dalam rak lemari. Kategori yang berbeda ini akan semakin memudahkanmu dalam mengambil pakaian tanpa merusak tatanannya.

3. Ubah Cara Melipat Baju Menjadi Digulung

3 cara menata hijab agar rapi - muslimah center

Melipat baju terkadang malah menghabiskan volume di dalam lemari. Cobalah dengan menggulungnya, sama seperti teknik yang dipakai saat akan traveling. Baju-baju dari bahan kaus dan celana berbahan ringan bisa kamu gulung tanpa takut akan kusut. Namun untuk dress atau baju formal lainnya lebih baik letakkan di bagian lemari gantung, ya.

4. Susun Pakaian Kamu Berdasarkan Warna dan Motif

4 menata baju dalam koper - muslimah center

Ada banyak sekali cara menata lemari pakaianmu. Tetapi kamu juga bisa mencoba suasana baru dengan menata berdasarkan warna atau motifnya. Cara menata lemari pakaian satu ini juga tidak kalah menariknya lho dan terlihat lebih rapi.

Menata berdasarkan warna atau motif akan meciptakan kesatuan dan keserasian di dalam lemari. Contohnya satukan pakaian berwarna gelap dalam satu rak, begitu pula untuk pakaian berwarna cerah, serta pakaian bermotif.

5. Gunakan Lemari yang Bersekat-Sekat

5 tips merapikan rumah - muslimah center

Cara menata lemari pakaian selanjutnya yaitu usahakan menggunakan lemari yang memiliki banyak sekat. Banyaknya isi lemari terlihat tampak kurang menarik meski lipatan dan penataannya sudah bagus. Hal itu bisa disebabkan oleh ruang-ruang dalam lemari terlalu besar.

Maka dari itu pilihlah lemari yang meski ukurannya besar, tetapi mempunyai sekat-sekat. Keberadaan sekat tersebut juga dapat membantu kamu untuk mengelompokkan pakaian. Cara menata ruangan lemari pakaian misalnya rak paling atas untuk pakaian dilipat, rak kedua untuk gantungan, dan seterusnya.

6. Manfaatkan Laci untuk Menyimpan Pakaian Sehari-Hari

6 cara memanfaatkan laci lemari

Laci juga merupakan salah satu media paling bermanfaat untuk menata pakaian dalam lemari. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan boks untuk menyimpan pakaian dan aksesoris yang kurang rapi jika ditata langsung pada rak lemari.

Kamu bisa memanfaatkan laci pada lemari untuk menyimpan pakaian sehari-hari atau yang sering digunakan. Selain lebih mudah diambil, kamu juga bisa menatanya dengan cara digulung agar tidak mudah berantakan seperti step ketiga tadi.

7. Atur Jilbab dan Syal pada Gantungan

7 teknik menyimpan jilbab - muslimah center

Kamu bisa letakkan jenis pakaian yang tidak mudah kusut seperti selendang, jilbab, syal, scarf, atau pakaian lainnya pada gantungan bulat yang bisa muat banyak. Hal ini berguna untuk menghemat tempat dan memudahkanmu ketika mengambil jilbabmu nanti.

8. Sediakan Rak Dorong sebagai Media Tambahan

8 aesthetic wardrobe tips by muslimah center

Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin lama isi lemarimu akan terus bertambah banyak. Entah karena baju baru sewaktu lebaran setiap tahun, atau ada promo di mall yang membuat kamu selalu membeli baju dan berburu diskon. Kalau kamu punya cukup waktu, mungkin ide untuk menyeleksi pakaian akan sangat baik. Tetapi jika tidak? Maka salah satu alternatif yang bisa kamu coba dengan menyediakan rak dorong.

Fungsi rak dorong tidak jauh beda dengan keranjang ataupun boks. Hanya saja, kesan yang dihadirkan dari ketiga media ini berbeda. Dengan rak dorong, kamu jadi lebih mudah untuk mengambil pakaian serta menggesernya ke sana ke mari.

Mudah bukan? Itulah cara-cara menata lemari pakaian agar selalu rapi dan terlihat indah. Pastikan kamu mempunyai waktu luang untuk menatanya minimal sebulan sekali. Lemari pakaian yang rapi juga membuatmu lebih nyaman dengan ruang pribadimu dan menjauhkan dari rasa stress. Selamat mencoba ya, sahabat muslimah!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *