Kamu Sering Berburuk Sangka? Hati-hati Inilah Dampak dari Orang yang Selalu Berprasangka Buruk

  • Whatsapp
berburuk sangka - muslimah center

muslimahcenter.comberburuk sangka – Sebagai seorang manusia, terkadang di dalam hati dan benaknya terdapat sebuah prasangka buruk terhadap sesama manusia yang dapat memicu munculnya kesombongan dalam diri manusia. Allah SWT juga telah mengingatkan umatnya tentang adanya 3 macam rangkaian dosa yang bisa membuat manusia terjatuh dalam lubang dosa tanpa sadar. Seperti firman Allah berikut ini:

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujuraat: 12)

Bacaan Lainnya

Orang yang suka berburuk sangka terhadap orang lain biasanya menganggap dirinya jauh lebih baik dari orang lain, sehingga akan berusaha mencari-cari kesalahan dan kekurangan seseorang untuk membuktikan prasangkanya. Hal inilah yang disebut dengan tajassus. Istilah tajassus artinya orang yang suka mencari-cari kesalahan orang lain dengan tujuan untuk membongkar noda atau kesalahan seseorang dan mempermalukannya. Dosa ini akan menjadi pintu awal untuk melakukan dosa selanjutnya, yaitu ghibah dan fitnah. Padahal sifat-sifat buruk ini telah dilarang oleh Allah untuk tumbuh dalam diri manusia. Karena, berburuk sangka akan membawamu pada lima dampak yang akan merugikan dirimu dan orang-orang disekitarmu, seperti ulasan berikut ini.

1. Cemas dan Gelisah

1 berburuk sangka dalam islam - muslimah center

Akibat dari berburuk sangka, yang pertama yaitu mudah cemas dan gelisah. Terlalu larut berlebih pada prasangka buruk akan membuat kalian larut pada rasa cemas, gelisah dan juga tidak tenang.

Memiliki prasangka buruk seperti memelihara emosi negatif dalam diri, tentunya juga akan membuat aura jiwa kalian menjadi negatif. Dalam sudut pandangmu, orang lain selalu terlihat negatif, tidak tulus dan mempunyai niat buruk. Meskipun jelas itu tidak sepenuhnya benar. Kebiasaan ini akan membawa dampak buruk pada dirimu. Kamu jadi terlalu was-was dan orang lain akan melihat kepribadianmu sebagai orang yang menutup diri.

2. Hidup jadi Tak Bahagia

2 akibat dari berburuk sangka - muslimah center

Pikiran negatif akan selalu timbul jika prasangka buruk masih kamu pelihara. Sehingga dimatamu, semua orang akan terlihat sama, tak bersahabat, seperti musuh dalam selimut. Sehingga kamua menjadi larut pada rasa cemas dan gak aman. Tentu ini berdampak tak baik bagi diri kamu. Sebagai seorang insan ciptaan Allah, kita masih membutuhkan kehadiran orang lain untuk saling bantu-membantu dan melengkapi di dalam kehidupan kita. Jika kamu masih memelihara emosi negatif itu hingga kini, maka kamu akan sulit mendapatkan kebahagiaan.

3. Mengundang Permusuhan

3 akibat berprasangka buruk - muslimah center

Karena terlalu banyak berburuk sangka, kalian akan cenderung menampilkan ekspresi yang tak bersahabat pada orang yang kalian jumpai. Kalian akan cenderung lebih sensi, mudah marah, berubah mood, membatasi diri kalian dari pergaulan sehingga dampaknya bisa memperburuk hubungan pertemanan kalian jelasnya, karena tentunya orang lain tidak akan merasa nyaman berada di dekat orang yang terlalu berburuk sangka.

Cara kalian dalam menampilkan ekspresi wajah dan gestur tubuh dapat mempengaruhi cara orang bersikap pada kalian. Jadi segera ubah kebiasaan buruk ini agar teman-teman kalian tidak semakin menjauh dari kalian.

4. Sering Merasa Kesepian

4 akhlak mazmumah dalam islam - muslimah center

Sering merasa kesepian juga salah satu akibat dari berprasangka buruk terhadap orang lain. Alhasil, jiwa kamu akan menjadi hampa dan kosong. Kamu merasa bahwa semua orang tak ada yang mau mengerti dan peduli. Padahal tidak demikian. Maka dari itu jangan selalu menyalahkan orang lain atas segala hal yang terjadi di hidup. Saatnya kamu mulai berbenah dan intropeksi diri untuk hidup yang lebih baik.

5. Tidak Lagi Bisa Membedakan Orang yang Berniat Baik dan Buruk

5 suudzon tajassus dan ghibah - muslimah center

Bagi seseorang yang mempunyai prasangka buruk, semua orang akan sama dimatanya. Terlihat mempunyai kekurangan, mempunyai sifat negatif, dan terlihat layaknya musuh dalam selimut. Kamu jadi merasa cemas dan tak aman. Kamu juga jadi tak mampu membedakan mana orang yang mempunyai niat baik yang tulus dan orang yang memang kelakuannya buruk. Karena itulah jelilah dan ubah cara pandangmu ya, sahabat muslimah.

Nggak mau kan kalau lima akibat dari berburuk sangka ini terjadi dalam kehidupanmu? Oleh karena itu, sahabat muslimah harus buang jauh-jauh segala hal, prasangka buruk terhadap orang lain, ya. Berusahalah untuk selalu berpikir positif, berprasangka baik, dan bersikap tenang pada siapapun. Ubahlah cara pandangmu terhadap orang lain, bersikaplah baik karena orang lain akan berbuat baik pula sesuai dengan akhlakmu. Insya Allah, sahabat muslimah akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan dalam hidup.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *